Mensesneg: TMII Akan Dikelola BUMN Pariwisata

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 23:48 WIB
Jakarta -

Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII diambil alih oleh negara. Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut TMII akan dikelola oleh badan usaha milik negara (BUMN) pariwisata.

"Jadi ini nanti Kemensesneg merumuskan kriteria siapa yang akan tepat secara profesional memperbaiki Taman Mini kemudian memberikan kontribusi kepada keuangan negara secara signifikan dan arahnya adalah ini akan ditunjuk nantinya akan kita mau minta tolong salah satu BUMN pariwisata untuk mengelola TMII," kata Pratikno dalam keterangannya melalui video, Kamis (8/4/2021).

Pratikno mengatakan TMII akan dikelola oleh lembaga yang profesional. Dengan begitu, akhirnya TMII dapat berkontribusi bagi keuangan negara.

"Jadi dikelola oleh orang yang profesional, oleh lembaga yang profesional dan harapannya akan jauh lebih baik dan memberikan kontribusi kepada keuangan negara," ujarnya.

Pratikno sebelumnya juga menepis isu yang menyebutkan TMII akan dikelola oleh yayasan yang dibentuk Presiden Jokowi. Seperti diketahui, pengelolaan TMII diambil alih negara dari Yayasan Harapan Kita.

"Jadi nggak benar itu ada yayasan akan dibentuk, apalagi ada dihubung-hubungkan dengan ada yayasan Pak Jokowi dan lain-lain," kata Pratikno.

(rfs/mae)