Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran Turun Drastis!

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 14:36 WIB
Menandai 1 tahun beroperasinya RSDC Wisma Atlet, sejumlah nakes dan pasien kompak membentuk orkestra dengan instrumen angklung.
Dokumentasi RSDC Wisma Atlet Kemayoran (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Jumlah pasien positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, tercatat mengalami penurunan drastis. Dari 8.900 kapasitas yang tersedia, kini hanya diisi sekitar 1.500.

"Itu kalau dipersentase sekitar 23 persen dari 8.900 tempat," ucap Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI IN G Ariawan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Kamis (8/4/2021).

Ariawan tampak didampingi Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono dan Kasdam Jaya Brigjen TNI M Saleh Mustafa. Aktivitas di Wisma Atlet disebut Ariawan saat ini aman dan kondusif.

"Kita melihat grafik perkembangan dari perawatan pasien di sini dalam 2-3 minggu terakhir ini grafiknya terus menurun," ucapnya.

"Mengingatkan kepada kita semua ini menjelang puasa juga menjelang hari raya, untuk kita semua selalu tetap disiplin dengan kesadaran pribadi menerapkan protokol kesehatan," imbuh Ariawan.

Dalam kesempatan yang sama, Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan tak akan mengurangi jumlah relawan di RSDC Wisma Atlet. Total relawan yang ada di RSDC Wisma Atlet saat ini sekitar 3.400 orang, dengan 2.672 di antaranya merupakan tenaga kesehatan.

"Hunian kita sudah jauh menurun dari kita lihat satu bulan yang lalu yang tadinya 80% sekarang tinggal 23%. Kemudian antisipasi-antisipasi yang kita harus lakukan di rumah sakit COVID-19 ini adalah betul-betul menyiapkan kalau kita lihat grafik-grafik pascalibur pasti akan meningkat. Ini harus kita siapkan," tutur Tugas.

"Untuk saat ini jumlah relawan masih tetap, di sini tidak dikurangi," imbuh Tugas.

Simak video 'Jumlah Pasien di RS Wisma Atlet Turun, Keterisiannya Kini 33,47%':

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/dhn)