Besok, Yayasan Harapan Kita-Setneg Akan Rapat soal Ambil Alih TMII

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 08:14 WIB
Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara akan mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan aset milik negara, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Foto: TMII (Rengga Sancaya)
Jakarta - Pemerintah melalui Kemensetneg mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita (YHK). Persoalan tersebut akan dibicarakan oleh pimpinan Yayasan Harapan Kita, Direktur Utama TMII, hingga Kemensetneg Jumat besok.

"Kami baru akan rapat dengan Setneg hari Jumat, yang diundang saya dan Pimpinan TMII (Sek YHK)," kata Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo, saat dihubungi, Rabu (7/4/2021).

Lamo belum mau memberikan tanggapan terkait pengambilalihan TMII oleh pemerintah dari Yayasan Harapan Kita. Menurutnya persoalan tersebut baru akan dibicarakan Jumat ini.

"Mungkin pertanyaan (tanggapan) bisa ke YHK ya," jawabnya singkat.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Sekertaris Kemensetneg, Setya Utama, membenarkan akan adanya pertemuan antara pemerintah dalam hal ini Kemensetneg dengan pihak Yayasan Harapan Kita serta TMII pada Jumat (9/4) besok. Setya menyebut rapat akan membicarakan terkait pengambilalihan pengelolaan oleh pemerintah.

"Betul (akan ada rapat), ya betul (soal pengambilalihan TMII)," ucap Setya.

Diketahui, pemerintah melalui Kemensetneg mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita. TMII sendiri sudah hampir 44 tahun dikelola oleh Yayasan Harapan Kita.

Yayasan Harapan Kita pun diberi waktu 3 bulan untuk menyerahkan pengelolaannya. Pengelola yang sekarang harus memberikan laporan pengelolaan.

"Dalam waktu 3 bulan, pengelola yang ada sekarang ini harus memberikan laporan pengelolaan kepada tim transisi dan kemudian pengelolaan selanjutnya akan dibahas oleh tim transisi," kata Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Pratikno mengatakan, dalam 3 bulan ini, TMII masih dalam masa transisi dari pengelolaan Yayasan Harapan Kita ke Kemensetneg. Namun dia memastikan, dalam masa transisi ini, TMII tetap beroperasi seperti biasanya.

"Dalam masa transisi ini, TMII tetap beroperasi seperti biasanya. Para staf tetap bekerja seperti biasanya, tetap mendapatkan hak keuangan dan fasilitas, tetap seperti biasanya. Jadi tidak ada yang berubah. Dan nanti tentu saja kita akan berkomitmen untuk tim transisi kami beri tugas bagaimana memikirkan inovasi manajemen yang lebih baik dan kemudian memberikan kesejahteraan yang lebih baik kepada para staf dan tentunya tadi, yang seperti saya bilang, memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat dan kepada negara," papar Pratikno.

Lihat Video: Ambil Alih TMII, Pemerintah Janji Hak Pegawai Tetap Terpenuhi

[Gambas:Video 20detik]



(maa/jbr)