4 Penyelundup Jaringan Internasional Ditangkap di Aceh, 50 Kg Sabu Disita

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 17:42 WIB
Ilustrasi narkoba/ ilustrasi sabu, ilustrasi barang bukti sabu
Foto ilustrasi narkoba jenis sabu. (Ari/detikcom)
Banda Aceh -

Empat terduga pelaku penyelundupan narkoba jaringan internasional ditangkap tim gabungan di Aceh. Dari tangan mereka, polisi menyita barang bukti sabu sebanyak 50 kilogram.

"Empat (orang) ditangkap di wilayah Aceh dan mereka punya peran berbeda. Mereka menyembunyikan sabu dalam dua karung," kata Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

Penangkapan tersangka dilakukan Direktorat Narkoba Polda Aceh bersama Direktorat Tippid Narkoba Bareskrim Polri, Polresta Banda Aceh, Polres Aceh Timur, dan Bea-Cukai Wilayah Aceh. Keempat tersangka adalah ZK, ZR, dan KR, yang bertugas sebagai pemantau.

Sedangkan tersangka Z berperan sebagai tekong kapal. Mereka membawa sabu berbungkus plastik-aluminum foil itu menggunakan kapal ke perairan Aceh Timur.

"Pengungkapan kasus narkoba ini berkat adanya laporan masyarakat kemudian ditindaklanjuti dan dilakukan penanganan secara kolaborasi, konsistensi dan keuletan petugas di lapangan," jelas Wahyu.

Sementara itu, di lokasi terpisah, tim gabungan menciduk sembilan tersangka dalam kasus ganja sebanyak 194 kilogram. Barang bukti tersebut hendak dikirim ke Palembang dan Jakarta lewat jasa pengiriman.

"Total generasi emas Aceh yang berhasil diselamatkan dalam pengungkapan kasus sabu dan ganja ini sebanyak 638 ribu jiwa," ujarnya.

(agse/jbr)