Semakin Jauhi RI, Siklon Tropis Seroja Berjarak 334 Km dari Sumba Timur

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 07:45 WIB
Foto udara situasi terakhir kerusakan yang diakibatkan banjir bandang di Waiwerang, Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/4/2021). Berdasarkan data pemerintah setempat hingga Selasa siang, sebanyak 50  orang meninggal dunia, 29 orang masih hilang, dan ratusan warga mengungsi akibat banjir yang terjadi pada Minggu (4/4). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja, di Adonara, NTT. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Bila dibandingkan dengan keterangan BMKG pada sehari sebelumnya, yakni Selasa (6/4/) pukul 01.00 WIB dini hari, posisi Seroja berada pada 180 km sebelah barat daya Sabu. Bila dilihat di peta, wilayah Sabu Raijua dengan Sumba tidak terlalu jauh. Maka diperkirakan, Siklon Tropis Seroja bergerak menjauhi Indonesia dengan kecepatan seratusan kilometer dalam sehari.

Dampak Seroja terhadap cuaca di Indonesia dalah hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan NTB, serta hujan sedang di NTT.

Seroja juga mengakibatkan gelombang laut tinggi. Gelombang akan setinggi 2,5 sampai 4,0 meter di perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan Pulau Jawa hingga NTB, dan hingga Pulau Sumba dan Rote.

Seroja juga mengakibatkan gelombang setinggi 4 hingga 6 meter di perairan selatan NTB hingga selatan Pulau Sumba.

Halaman

(dnu/dwia)