Semakin Jauhi RI, Siklon Tropis Seroja Berjarak 334 Km dari Sumba Timur

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 07:45 WIB
Foto udara situasi terakhir kerusakan yang diakibatkan banjir bandang di Waiwerang, Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/4/2021). Berdasarkan data pemerintah setempat hingga Selasa siang, sebanyak 50  orang meninggal dunia, 29 orang masih hilang, dan ratusan warga mengungsi akibat banjir yang terjadi pada Minggu (4/4). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja, di Adonara, NTT. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Siklon tropis Seroja semakin menjauh dari Indonesia. Dalam seharian, angin ribut yang menimbulkan bencana di NTT itu bergerak ratusan kilometer.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan pergerakan siklon tropis Seroja via Twitter resminya, Rabu (7/4/2021) pagi.

"Siklon tropis Seroja terpantau berada di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat," kata BMKG berdasarkan laporan terakhir pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

Posisi Seroja kini berada pada 335 km sebelah selatan-barat daya Waingapu, Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Koordinat posisi seroja ada pada 12,3 derajat Lintang Selatan dan 118,8 derajat Bujur Timur. Seroja bergerak dengan kecepatan 10 km/jam ke arah Barat Daya.

"Menjauhi wilayah Indonesia," kata BMKG.

Sikon Tropis Seroja, 7 April 2021. (Dok BMKG)Sikon Tropis Seroja, 7 April 2021. (Dok BMKG)

Seroja akan terus bergerak menjauhi Indonesia, melintasi laut, dan mendekati pantai barat Australia.

"Diperkirakan intensitas siklon tropis Seroja persisten dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya," kata BMKG.

Selanjutnya, dampak siklon tropis Seroja:

Simak Video: Kepala BMKG Sebut Siklon Tropis Seroja Kali Ini Tak Lazim

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2