Kompol Yuhanies cs Ternyata Nyabu di Belakang Rumdin Wagub Riau!

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 19:54 WIB
Empat pelaku saat diamankan yakni Kompol Yuhanies (berpeci putih), Rizky, Tarmidzi, dan M Iskanda (Raja Adil/detikcom)
Empat pelaku saat diamankan yakni Kompol Yuhanies (berpeci putih), Rizky, Tarmidzi, dan M Iskanda. (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Kompol Yuhanies Chaniago (53) ditetapkan sebagai tersangka usai video nyabu di dalam mobil viral. Ternyata, mantan Kasat Narkoba itu mengkonsumsi sabu di belakang rumah dinas Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

"Menggunakan sabu dalam mobil yang berhenti di belakang kediaman Wagub Riau," kata Dirresnarkoba Polda Riau, Kombes Victor Siagian, kepada detikcom, Selasa (6/4/2021).

Adapun lokasi rumah Wakil Gubernur Riau berada di Jalan Bintara, Pekanbaru. Dalam video, terlihat pria nyabu di mobil dengan alat isap yang diketahui adalah Kompol Yuhanies.

"Hasil penyelidikan diketahui bahwa orang-orang yang ada di video adalah Yuhanies, Risky, Tarmizi, dan M Iskandar," imbuhnya.

Dari informasi itu, Yuhanies akhirnya bisa diamankan saat berada di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri). Yuhanies diamankan oleh tim gabungan Polda Riau dan Polda Kepri.

"Setelah dilakukan tes urine diperoleh hasil positif methamphetamine. Sedangkan Rizky, Tarmidzi, dan M Iskandar diamankan Tim Opsnal Polresta Pekanbaru di Jalan Sultan Syarif Kasim," katanya.

Dari hasil interogasi, keempat pelaku mengaku sebagai orang yang ada di video viral itu. Keempatnya kini ditahan di Polda Riau untuk proses lebih lanjut.

Dari keempat pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa paket narkoba jenis ganja. Selain itu, ada botol minuman yang digunakan sebagai alat isap sabu yang terekam kamera CCTV.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya hukuman mati atau penjara paling singkat 5 tahun.

(ras/jbr)