Resolusi BAZNAS Biar Jadi Andalan buat Para Pembayar Zakat

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 15:55 WIB
Rakornas Zakat 2021
Foto: BAZNAS
Jakarta -

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2021 yang digelar di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat melahirkan 12 resolusi. Beberapa di antaranya yaitu Peraturan Presiden (Perpres) Zakat ASN dan Gerakan Cinta Zakat.

Adapun penerbitan Perpres Zakat bagi PNS terkandung dalam butir resolusi (eksternal) nomor 1 yang berbunyi, "Dalam rangka menciptakan sikap saling tolong-menolong, kegotongroyongan, terutama dalam rangka pengentasan kemiskinan, maka dimohon kepada Presiden RI untuk mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kewajiban ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN/BUMD untuk Menunaikan Zakat Penghasilan dan Jasa".

Sementara terkait Gerakan Cinta Zakat terdapat pada poin ke-4 resolusi (eksternal) dari Rakornas Zakat 2021, yang berbunyi "Dalam rangka meningkatkan literasi dan kecintaan umat Muslim terhadap kewajiban zakat, maka dimohon seluruh pemangku kepentingan terutama ulama, zuama, umara, kaum intelektual, profesional, wirausahawan dan media massa untuk menggelorakan Gerakan Cinta Zakat dari Sabang sampai Merauke serta Miangas sampai Pulau Rote".

Ketua BAZNAS Noor Achmad mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas lancarnya pelaksanaan Rakornas Zakat 2021. Rakornas ini berlangsung selama 3 hari, yakni tanggal 4 - 6 April 2021.

"Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT serta dukungan semua pihak, terutama Presiden RI, Bapak Haji Jokowi, Wakil Presiden RI, Bapak Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, MPR, DPR dan ormas-ormas Islam, Rakornas Zakat Tahun 2021 berjalan lancar dan sukses hingga melahirkan 12 resolusi, yakni 7 resolusi untuk internal dan 5 resolusi untuk eksternal," ujar Noor dalam keterangan tertulis, Selasa (6/4/2021).

Noor menyebut para peserta telah berkomitmen untuk menjalankan tugas pengelolaan zakat dengan melaksanakan resolusi tersebut. Hal ini demi menyukseskan pembangunan nasional, terlebih pengentasan kemiskinan.

"Dengan rahmat Allah Yang Maha Esa, kami peserta Rapat Koordinasi Nasional Zakat 2021, berkomitmen dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas mengelola dan mengembangkan perzakatan nasional dalam upaya menjadi Pilihan Pertama Pembayar Zakat, Lembaga Utama Menyejahterakan Umat di Indonesia," katanya.

Di sisi lain, Pimpinan BAZNAS yang juga Ketua Umum Panitia Rakornas Zakat 2021, Achmad Sudrajat mengapresiasi semua pihak atas kesuksesan perhelatan akbar tersebut. Lebih lanjut dia berharap agar Rakornas Zakat dapat semakin memacu dan memicu kebangkitan zakat di Indonesia.

"Alhamdulillah Rakornas Zakat 2021 berlangsung lancar dan sukses. Kami menyampaikan terima kasih pada semua pihak sehingga Rakornas ini semakin memacu dan memicu kebangkitan zakat nasional," pungkasnya.

(akd/ega)