Masjid Istiqlal Buka di Ramadhan, Bisa untuk Tarawih Terbatas

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 14:29 WIB
Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi.
Masjid Istiqlal (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Masjid Istiqlal akan menggelar ibadah secara terbatas selama bulan Ramadhan tahun ini. Ibadah salat wajib 5 waktu dan salat tarawih akan digelar berjemaah, tetapi jumlah jemaahnya terbatas.

"Iya betul tapi terbatas ya," ucap Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, kepada detikcom, Selasa (6/4/2021).

Namun Abu belum menyebutkan detail terkait pembatasan jumlah jemaah saat kegiatan keagamaan di Istiqlal nantinya. Perihal ini akan dirapatkan lebih lanjut.

"Nah teknisnya masih dirapatkan," ucap Abu.

Sebelumnya, pada Senin (5/4) pemerintah telah mengambil keputusan terkait ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Pemerintah membolehkan salat tarawih dan Idul Fitri dengan catatan harus dengan protokol kesehatan ketat dan terbatas pada komunitas setempat.

"Khusus mengenai kegiatan ibadah selama Ramadhan dan ibadah Idul Fitri, yaitu salat tarawih dan salat Idul Fitri, pada dasarnya diperkenankan atau dibolehkan," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual saat itu.

Muhadjir menekankan protokol kesehatan terkait salat tarawih dan Idul Fitri. Protokol kesehatan harus sangat ketat dan jemaahnya diharapkan saling kenal.

"Yang harus dipatuhi adalah protokol harus tetap, prokes harus tetap dilaksanakan dengan sangat ketat. Kemudian jemaahnya boleh di luar rumah, tapi dengan catatan harus terbatas pada komunitas," imbuh dia.

"Jadi di lingkup komunitas di mana jemaahnya memang sudah dikenali satu sama lain," sebut Muhadjir.

Muhadjir berharap jemaah dari luar komunitas tidak diizinkan bergabung. "Sehingga jemaah dari luar mohon untuk tidak diizinkan," sebut Muhadjir.

(dhn/fjp)