Kunjungi Sumbar, Ma'ruf Amin Minta Warga Tak Takut Divaksin

Lisye Sri Rahayu, Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 11:48 WIB
Wapres Maruf Amin tinjau vaksinsi di Pariaman, Sumatera Barat
Wapres Ma'ruf Amin di Pariaman Sumbar (dok. Setwapres)

Setelah meninjau vaksinasi ini, Ma'ruf Amin juga meresmikan pasar rakyat Kota Parimanan setelah direnovasi dan GOR Universitas Negeri Padang (UNP). Ma'ruf mengatakan pemerintah berkomitmen untuk membangun dan revitalisasi pasar.

"Syukur alhamdulillah kita bisa meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman sebagai bagian dari program lintas kementerian dalam program nasional revitalisasi pasar rakyat di seluruh Indonesia. Pemerintah memiliki komitmen untuk terus melakukan pembangun dan revitalisasi untuk memberikan akses kepada para pedagang dari kalangan UMKM terutama," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan bahwa pasar Pariaman memiliki sejarah yang panjang. Pasar itu telah dibangun sejak zaman Hindia Belanda.

"Pasar rakyat Pariaman ini memiliki jejak sejarah yang panjang sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. Pasar ini juga mampu bertahan dari kerusakan akibat bencana gempa 2009. Nilai Historis ini merupakan modal dari pada revitalisasi pasar yang diselaraskan dengan aspek lingkungan dan nilai-nilai kearifan," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan pasar rakyat Pariaman mulai dibangun bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman pada Desember 2019 yang lalu. Pasar ini dibangun di atas lahan seluas 5.431 m persegi dengan tinggi empat lantai.

"Konsep Pasar rakyat Kota Pariaman ini memang menunjang pariwisata karena lokasinya berada di kawasan Pantai Gandoriah yang merupakan sentral tujuan wisata ke Kota Pariaman, dan bangunannya pun nantinya sekaligus sebagai shelter ketika terjadi bencana, serta untuk kenyamanan pengunjung dan pedagang di dalam bangunan, juga disediakan eskalator," jelas Genius Umar.

Gubernur Sumbar Minta Wapres Bantu Bangun 5 Pasar Rakyat: Sesuai Pancasila

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meresmikan Pasar Rakyat Pariaman, Sumatera Barat. Gubernur Sumbar Mahyeldi meminta bantuan wapres untuk pembangunan 5 pasar rakyat lainnya.

"Di Sumatera Barat ada 516 pasar rakyat, hanya 24 persen yang bangunnya yang memenuhi persyaratan. Sementara 76 persen lagi boleh dikatakan berada dalam permasalahan, sehingga pelayanan dan kegiatan ekonomi belum maksimal," kata Gubernur Mahyeldi di hadapan Wakil Presiden.

Untuk itu, ia meminta melalui Wapres, agar pemerintah pusat membantu pembangunan pasar-pasar rakyat tersebut.

"Pada kesempatan ini kami Pemprov Sumbar, mohon dukungan pada Pak Wapres, menteri dan semua yang hadir dari Jakarta, tidak usah 516, cukup bantu 5 saja, sesuai Pancasila," katanya yang disambut senyum hadirin.

Pasar mana saja? simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3