Jokowi Minta Tempat Kesehatan di NTT-NTB Diperbanyak

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 10:10 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperbanyak tempat pelayanan kesehatan untuk para korban terdampak bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi menyebut tim medis harus secepatnya sampai ke lokasi bencana untuk menolong para korban.

"Saya minta Menteri Kesehatan untuk memperbanyak tempat pelayanan kesehatan di lapangan, juga mempersiapkan rumah sakit untuk menangan para korban serta memastikan ketersediaan tenaga medis dan obat-obatannya," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/4/2021).

Jokowi juga meminta agar kebutuhan para pengungsi segera ditangani dan dipenuhi. Menurutnya, cuaca ekstrem menghambat jalannya distribusi bantuan kepada para korban.

"Saya tahu hari Minggu sudah beberapa dikirim ke NTT dan NTB. Tapi karena cuaca sangat ekstrem bantuan itu belum bisa masuk ke lokasi sampai kemarin saya lihat," ucapnya.

Dia meminta BNPB dan pemerintah setempat segera mendata titik-titik pengungsian. Hal itu perlu dilakukan agar bantuan logistik dan kebutuhan dasar para pengungsi segera terpenuhi.

"Juga kebutuhan untuk bayi dan anak-anak, terutama air bersih dan MCK-nya," katanya.

Simak Video: Jokowi Minta Evakuasi Korban Bencana NTT dan NTB Dipercepat!

[Gambas:Video 20detik]

(fas/fjp)