Mendag: Revitalisasi Pasar di Bukittinggi atas Permintaan Andre Rosiade

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 08:47 WIB
Mendag M Lutfi saat meninjau pasar di Bukittinggi bersama Andre Rosiade (Jeka-detikcom)
Foto: Mendag M Lutfi saat meninjau pasar di Bukittinggi bersama Andre Rosiade (Jeka-detikcom)
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Muhammad Lutfi memastikan revitalisasi atau pembangunan kembali Pasar Bawah Bukittinggi atas permintaan Andre Rosiade. Setelah Andre menerima aspirasi warga Bukittinggi melalui Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

"Saya maksudnya datang ini untuk memastikan bahwa komitmen pemerintah, atas permintaan saudara Andre Rosiade, anggota DPR RI ini, untuk memperbaiki pasar di Bukittinggi. Dan ini aspirasi dari warga dan dari Pak Wali Kota Bukittinggi Erman Safar juga," kata Lutfi dalam keterangan tertulis, Selasa (6/4/2021).

Lutfi ditemani Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wako Bukittinggi meninjau Pasar Bawah, Senin (5/4) sore. Lutfi menyebutkan kedatangannya sengaja untuk melihat aspirasi di daerah Bukittinggi, untuk memperbaiki Pasar Bawah.

"Jadi komitmen pemerintah, kita akan bereskan Pasar Bawah ini, supaya kegiatan ekonomi dan tata kota di Bukittinggi menjadi kelas satu, menjadi lebih baik, menjadi lebih bersih, bertambah baik nilai tambahnya," kata Lutfi.

Tak tanggung-tanggung, Lutfi menyebut maksud kedatangannya untuk memastikan komitmen pemerintah atas permintaan Andre Rosiade, anggota DPR RI dari Dapil Sumatra Barat untuk memperbaiki Kota Bukittinggi.

"Kita akan masukkan dalam budget (anggaran) tahun 2022 dan dikerjakan segera. Mudah-mudahkan satu atau satu setengah tahun tuntas," katanya.

Lutfi kembali menimpali angka yang akan direalisasikan sudah pasti di atas Rp 150 miliar.

"Pasti di atas itu dan kita ingin yang terbaik untuk Sumbar. Besok (hari ini) juga akan melihat pasar di Kota Padang, memperbaiki Pasar Fase VII Pasar Raya Padang. Kita perbaiki sama-sama supaya kegiatan ekonomi Sumbar ini berjalan dengan baik," kata Lutfi.

Lutfi menyatakan Kementerian Perdagangan terus berupaya memperkuat pasar rakyat melalui program revitalisasi pasar rakyat. Dengan revitalisasi, pasar rakyat akan memiliki fasilitas penunjang yang lebih baik untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

"Perekonomian Indonesia tidak terhindar dari pandemi COVID-19. Pasar rakyat turut merasakan dampaknya. Untuk itu, pemerintah terus berupaya memperkuat pasar rakyat melalui revitalisasi fisik dan manajemen pengelolaan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya.

Senada dengan Lutfi, Andre Rosiade menambahkan soal anggaran revitalisasi Pasar Bawah, Pemko Bukittinggi mengajukan detail engineering design (DED) sekitar Rp 400 miliar. Tapi angka rekomendasi tentu dari angka kajian pemerintah pusat atau Kementerian Perdagangan.

"Yang jelas dana yang akan dikucurkan di atas Rp 150 miliar," kata Andre yang juga ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Tonton juga Video: Buron Kasus Korupsi Rehab Pasar Manggisan Jember Diciduk

[Gambas:Video 20detik]



(fhs/ega)