Ini Penyebab Pohon Raksasa Tua di Sumut Tumbang Lalu Berdiri Lagi

Perdana Ramadhan - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 16:45 WIB
Pohon tumbang berdiri lagi di Tanjungbalai, Sumatera Utara
Pohon yang sempat tumbang lalu berdiri lagi di Sumut (Foto: dok. Istimewa)
Tanjungbalai -

Pohon jabi-jabi di Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut), sempat tumbang lalu berdiri lagi. Apa penyebabnya?

Pohon berukuran besar yang tumbang itu berada di Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut). Lurah Sei Merbau, Fahrurrozi, mengatakan pohon itu diduga bisa berdiri lagi karena akarnya masih kuat menancap di tanah.

"Mungkin karena akar yang menahan pohon ini berkurang bebannya karena sudah di potong sebagian, hingga sisa batang yang belum dipotong ini jadi terangkat, seolah-olah berdiri lagi," kata Rozi, Senin (5/4/2021).

Dia mengatakan pohon itu tumbang pada Rabu (31/3). Pohon tersebut tumbang saat ada hujan disertai angin kencang. Ada lima rumah yang tertimpa pohon.

Pada Minggu (4/4), warga berinisiatif membersihkan dahan-dahan pohon itu. Nah, saat itulah pohon tiba-tiba berdiri lagi.

Rozi menduga hal itu terjadi karena beban pohon sudah berkurang. Peristiwa pohon berdiri lagi setelah tumbang itu membuat warga yang sedang membersihkan dahan terpental. Satu orang tewas dan dua lainnya terluka.

"Sementara itu, posisinya ada tiga orang warga yang di atas batang pohon belum terpotong sempat terlempar karena mendadak pohonnya menjadi seperti berdiri lagi," ujarnya.

Tiga warga yang menjadi korban ialah Atan, Aris, dan M Yusuf. Nama terakhir sempat dirawat di RSUD dr Mansyur Kota Tanjungbalai karena luka memar di bagian dada, namun akhirnya meninggal dunia.

Simak juga 'Angin Kencang Hantam Parepare, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)