Panglima TNI Kerahkan KRI-Pesawat Angkut Bantuan Korban Banjir NTT dan NTB

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 12:25 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memerintahkan pengerahan kapal perang KRI 0WA-354 ke wilayah banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, Hadi mengirim pesawat Hercules C-130.

Hadi menjelaskan, KRI OWA-354 akan membawa bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sementara pesawat akan membawa personel dan bantuan lainnya.

"Pagi hari ini sudah saya perintahkan KRI OWA-354 membawa bantuan dari Kemenkes ke NTT. Untuk armada pesawat terbang C-130 Herkules dan helikopter Siap digerakan untuk membawa personel dan bahan bantuan," tutur Hadi kepada detikcom, Senin (5/4/2021).

Hadi menegaskan, selain ke NTT, TNI akan mengirimkan bantuan ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Hadi menuturkan bantuan yang dibawa armada-armada TNI berasal dari Kemenkes dan Kementerian Sosial.

"Kita optimalkan. Kita kerahkan untuk NTT dan NTB. Bantuannya dari Kemensos dan Kemenkes," ucap Hadi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendapat laporan perihal bencana alam di NTT dan NTB. Jokowi pun menyampaikan duka citanya kepada korban. Jokowi mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan evakuasi dan penanganan terhadap korban. Selain itu, juga untuk segera menangani dampak akibat bencana tersebut.

"Saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini. Untuk itu saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, pada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban bencana serta penanganannya dampak bencana," tutur dia.

Jokowi meminta penanganan bencana di NTT dan NTB dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik. Terutama terkait pelayanan kesehatan dan ketersediaan logistik untuk pengungsi. Seperti diketahui, banjir bandang dan tanah longsor melanda sejumlah kabupaten dan kota di NTT. Lebih dari 50 orang tewas akibat bencana ini. Selain itu, banjir bandang melanda Bima, NTB.

Simak video 'Jokowi Intruksikan Penanganan Bencana di NTT dan NTB Dilaksanakan Cepat':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/tor)