Cuaca Ekstrem, KMP Jatra 1 Tenggelam di Pelabuhan Bolok NTT

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 12:13 WIB
KMP Jatra 1 tenggelam di Pelabuhan Bolok, Kupang, NTT (Screenshot video viral)
KMP Jatra 1 tenggelam di Pelabuhan Bolok, Kupang, NTT (Screenshot video viral)
Jakarta -

Sebuah kapal motor penumpang (KMP) Jatra 1 tenggelam di Pelabuhan Bolok, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal tersebut terombang-ambing akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah tersebut.

Peristiwa tenggelamnya KMP Jatra 1 terekam kamera dan videonya viral di media sosial. Dalam video berdurasi 59 detik, terlihat kapal yang berukuran besar tersebut terombang-ambing ombak.

Saat itu terlihat kondisi cuaca sedang hujan deras disertai angin. Kondisi tersebut menyebabkan kapal miring hingga tenggelam.

Peristiwa itu terjadi di Pelabuhan Bolok, Kupang, NTT, hari ini. Peristiwa tenggelamnya KMP Jatra 1 dibenarkan Wakil Gubernur (Wagub) NTT Josef Nae Soi.

"Benar," kata Josef saat ditanya soal kabar KMP Jatra 1 tenggelam di Pelabuhan Bolok hari ini.

Namun Josef belum merinci lebih jauh terkait peristiwa ini, termasuk soal ada-tidaknya korban dari kejadian ini hingga dugaan penyebab pasti tenggelamnya kapal tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait adanya siklon tropis seroja di Kupang, NTT. Kondisi ini berdampak pada peningkatan tinggi gelombang di beberapa wilayah.

"Berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat Siklon Tropis Seroja (996 hPa) di Perairan Kupang dengan kecepatan angin maksimum mencapai 45 knot yang berdampak pada peningkatan tinggi gelombang di wilayah Perairan Nusa Tenggara Timur," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis, Senin (5/4).

Simak juga 'Pria yang Hilang Terseret Ombak di Polewali Mandar Ditemukan':

[Gambas:Video 20detik]

(sab/jbr)