Kebakaran Basement Apartemen Taman Sari Jaksel Hanguskan 2 Mobil

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 10:31 WIB
Jakarta -

Kebakaran basement Apartemen Taman Sari, Jakarta Selatan (Jaksel), dini hari tadi diduga akibat trafo yang terbakar. Dua mobil yang berada di dekat trafo yang terbakar itu juga hangus.

"Di bawah ada dua kendaraan mobil terbakar mungkin dekat trafo yang dekat basement itu. Terbakar dua mobil tapi sampai saat ini korban jiwa belum ada," ujar Kepala Dinas Damkar dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Satriadi Gunawan kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Minggu (4/4/2021).

Sekadar informasi, trafo listrik yang terbakar berada di Tower B basement Apartemen Taman Sari. Trafo listrik yang terbakar ini mengeluarkan asap tebal.

Kebakaran kemudian menjalar ke seluruh basement Tower B. Bahkan menjalar ke basement Tower A.

"Itu kita terima berita (kebakaran) sekitar pukul 03.34 WIB. Kemudian pukul 03.47 WIB kami sudah sampai di TKP. Kita telusuri, ternyata ada trafo yang terbakar di basement," kata Satriadi.

Petugas damkar juga mengevakuasi penghuni apartemen. Ada seratus lebih penghuni apartemen yang dievakuasi.

"Nah yang kita berhasil evakuasi saat ini sekitar 113 orang kita evakuasi," ungkapnya.

Para penghuni apartemen masih belum diperbolehkan masuk ke area apartemen demi keamanan bersama.

Ditemui di lokasi yang sama, Perwira Piket Damkar Jakarta Selatan M Slamet mengatakan saat ini kondisi basement sudah tidak ada api dan asap. Namun masih dalam proses pendinginan karena masih terdapat sisa-sisa dari radiasi panas.

"Hanya saja itu temboknya masih radiasi panas dari panel listrik. Itu panel listriknya kan bentuknya seperti lemari, ada beberapa panel di dalam itu yang terbakar dan setelah dipadamkan sudah aman dan sekarang sisa dari radiasi panas. Radiasi panasnya itu perlu didinginkan beberapa saat," ungkap M Slamet.

Untuk menangani terbakarnya trafo listrik tersebut, pemadam kebakaran menurunkan total 24 unit pemadam kebakaran yang terdiri atas 120 petugas. Hingga saat ini, tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut dan belum diketahui total kerugiannya.

(zak/zak)