Urai Macet, Jasa Marga Tutup Sementara Rest Area Km 57 Tol Japek

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 15:03 WIB
Jakarta -

Jasa Marga menutup sementara tempat pemberhentian atau rest area di Km 57 Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Penutupan sementara dilakukan untuk mengurai kemacetan di sekitar lokasi.

"Untuk rest area saat ini ditutup sementara. Baru diberlakukan penutupan pukul 13.00 di Km 57 setelah Karawang Timur," ujar operator Jasa Marga, Pingky, saat dimintai konfirmasi, Jumat (2/4/2021).

Pingky melaporkan saat ini jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek terpantau lancar. Namun kepadatan terjadi menjelang turunan jalan layang di Km 47+500 hingga Km 48.

"Untuk tol layang saat ini masih ramai-lancar. Kepadatan menjelang turun saja karena ada pertemuan di jalur bawah, di Km 47+500, kepadatan sampai Km 48 saja," jelasnya.

Selepas Km 48, lalu lintas disebut lancar. Kembali terjadi kepadatan di Km 54-57 rest area. Pingky mengatakan kepadatan ini terjadi karena adanya penumpukan pengendara yang hendak masuk rest area.

"Saat ini (rest area) ditutup sementara untuk mengurangi kepadatan. Jadi pintu masuk ke rest area ditutup agar tidak menumpuk di rest area dan tidak menyebabkan antrean masuk rest area. Makanya dibuka-tutup di Km 57. Jalan tol tidak ada penutupan," ucapnya.

Selain itu, Jasa Marga memberlakukan contraflow di arah sebaliknya guna mengantisipasi kepadatan. Contraflow diberlakukan mulai Km 37 hingga Km 61.

"Ada penambahan contraflow di arah sebaliknya untuk mengurai kepadatan, contraflow dari Km 37 hingga Km 61 Dawuan," tutupnya.

(zap/knv)