TNI Evakuasi Mobil Sembako Nyaris Masuk Jurang Sedalam 50 Meter di Wamena

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 12:36 WIB
Mobil sembako terperosok ke pinggir jurang sedalam 50 meter
Mobil sembako terperosok ke pinggir jurang sedalam 50 meter (dok. Satgas Pamtas RI-Papua Nugini)
Keerom -

Mobil pengangkut sembako untuk warga Wamena, Papua, hampir masuk jurang sedalam 50 meter. Untungnya, ada anggota TNI yang sedang mengendarai truk melihat kejadian itu dan langsung mengupayakan proses evakuasi.

"Nyaris terjun ke dalam jurang yang ada di Kampung Sawiyatami, Distrik Arso, Kabupaten Keerom," kata Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat lewat keterangan tertulis pada Kamis (1/4/2021).

Taufik menceritakan awalnya Letda Chb Agung Cahyo Purnomo, yang merupakan Komandan Pos Kotis, menuju Pos Sawiyatami. Taufik kemudian melihat sebuah mobil Triton berpelat nomor PA-7664-BE terperosok di pinggir jurang.

Peristiwa ini terjadi di Kampung Sawiyatami, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, pada Rabu (31/3).

"Setelah melakukan pengecekan kondisi mobil, Danpos Kotis mengikat bagian depan dengan tali baja, kemudian ditarik dengan menggunakan truk Pos Kotis," tutur Taufik.

Pengemudi mobil, Yossafat Paruntung (41), menjelaskan detik-detik mobilnya terperosok ke pinggiran jurang. Saat hendak melintasi tanjakan, roda mobilnya tersebut hanya berputar di tempat karena jalan yang berlumpur dan licin. Mobil tersebut akhirnya terperosok.

"Terima kasih kepada Bapak TNI yang telah memberikan bantuan kepada saya. Karena berkat bantuannya, saya bisa melanjutkan perjalanan untuk membawa pasokan sembako ke Wamena," tutur Yossafat.

(aud/tor)