BKSDA-Avsec Gagalkan Pengiriman 22 Ekor Buaya Muara dari Riau ke Jakarta

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 11:24 WIB
Buaya muara yang hendak diselundupkan di Riau (dok. BKSDA Riau)
Buaya muara yang hendak diselundupkan di Riau (Foto: dok. BKSDA Riau)
Pekanbaru -

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan pihak keamanan bandara (avsec) menggagalkan pengiriman 22 ekor buaya muara. Paket berisi buaya muara itu terdeteksi mesin X-ray.

"Informasi dari avsec Bandara SSK II, ada kiriman paket dan mencurigakan. Setelah itu dilakukan pengecekan paket bersama," kata Kepala Balai BKSDA Riau Suharyono kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

Dalam pemeriksaan paket melalui mesin X-ray, didapati paket tersebut berisi satwa jenis buaya. Selanjutnya petugas membuka paket untuk diperiksa.

"Hasil pemeriksaan terdapat ada 22 ekor buaya muara atau Crocodilus porosus. Isi paket dikemas dalam delapan kantong plastik," kata Suharyono.

Dari total 22 ekor buaya muara, terdapat tujuh ekor dalam kondisi mati. Sedangkan 15 ekor ditemukan dalam keadaan masih hidup.

"Setiap kantong plastik itu terdapat lubang udara dan sabut kelapa. Lalu sabut kelapa ini dalam kondisi lembap. Paket rencana dikirim ke Jakarta melalui jasa pengiriman," katanya.

Pihak avsec dan Polhut Balai BKSDA Riau membawa barang bukti ke Pos Jaga Bandara. Buaya itu kemudian dilepaskan lagi ke habitat aslinya. BKSDA juga berkoordinasi dengan Ditreskrimsus Polda Riau untuk mengusut pelaku.

"Kemarin sore, Rabu (31/3), telah dilakukan pelepasliaran di salah satu kawasan konservasi di Provinsi Riau. Di mana usia buaya antara 2-3 bulan," kata Suharyono.

Simak juga 'BKSDA Jambi Amankan Buaya 4 Meter yang Dipelihara Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)