Zakiah Aini Sempat Tanya Arah Kantor Pos Sebelum Serang Mabes Polri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 21:52 WIB
Jakarta -

Penyerang Mabes Polri sore tadi, Zakiah Aini, melepas 6 tembakan sebelum akhirnya ditembak petugas. Sebelum menyerang, Zakiah Aini sempat bertanya arah kepada polisi.

Kronologi ini diungkap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

"Seorang wanita berjalan masuk dari pintu belakang kemudian yang bersangkutan mengarah ke pos gerbang utama yang ada di Mabes Polri," kata Jenderal Sigit.

Zakiah Aini lalu sempat berinteraksi dengan polisi. Dia bertanya di mana kantor pos.

"Yang bersangkutan kemudian menanyakan di mana keberadaan kantor pos, kemudian diberikan pelayanan oleh anggota dan ditunjukkan arah kantor pos," jelasnya.

Zakiah Aini lalu berjalan meninggalkan pos gerbang utama itu. Namun dia kembali lagi.

"Namun yang bersangkutan kemudian kembali, melakukan penyerangan kepada anggota yang berada di pos jaga dengan melakukan penembakan sebanyak 6 kali," ungkap Sigit.

Zakiah Aini merupakan warga Ciracas, Jakarta Timur, berusia 25 tahun. Dia pernah kuliah namun drop out di semester V.

Sigit mengungkap bahwa Zakiah Aini adalah lone wolf berideologi ISIS. Tak sampai sehari sebelum penyerangan, dia mengunggah gambar di akun Instagram miliknya.

"Yang bersangkutan memiliki Instagram yang baru dibuat atau di-posting 21 jam yang lalu di mana di dalamnya ada bendera ISIS dan ada tulisan terkait masalah bagaimana perjuangan jihad," paparnya.

(imk/fjp)