Gubsu Edy Duga Air Danau Toba Dekati Level Minimum Gegara Hutan Berkurang

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 16:59 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Tinggi muka air (TMA) Danau Toba, Sumatera Utara, sudah mendekati titik minimum. Gubsu Edy Rahmayadi menduga hal itu terjadi gara-gara hutan yang terus berkurang.

"Pastinya harus kita pelajari, tetapi sudah ditemukan yang pertama karena banyaknya tanaman-tanaman yang harusnya ada sekarang tidak ada," kata Edy di rumah dinasnya Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Rabu (31/3/2021).

Edy menyebut hujan buatan bakal dilakukan di wilayah Danau Toba. Hal itu untuk mengantisipasi semakin surutnya air di Danau Toba.

"Yang kedua dalam waktu singkat dilakukan hujan buatan yang ini sedang dilakukan sehingga mengantisipasi minusnya air yang harus ada di Danau Toba," ujar Edy.

Sebelumnya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk menaikkan level tinggi muka air Danau Toba di Sumut. TMC dilakukan karena TMA Danau Toba sudah mendekati titik minimum.

"TMC merupakan upaya untuk memodifikasi pertumbuhan awan dengan memasukkan inti kondensasi ke dalam sistem awan sehingga hujan lebih cepat terjadi dan curah hujan yang dihasilkan menjadi lebih besar," kata Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT Jon Arifian seperti dilansir Antara, Selasa (30/3).

Sorti pertama kegiatan TMC DAS Danau Toba akan dilaksanakan pada Kamis (1/4). TMC rencananya dilakukan selama 20 hari mendatang.

Pesawat yang akan digunakan ialah pesawat jenis Piper Cheyenne II registrasi PK-TMC milik BPPT dengan metode TMC menggunakan bahan semai Flare Cosat. Tim TMC telah menyiapkan bahan semai Flare Cosat sebanyak 170 batang di Posko TMC Danau Toba di area PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Silangit, Sumut.

Jon menuturkan Danau Toba memiliki fungsi sangat strategis, baik untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), irigasi, maupun memenuhi air baku bagi industri dan rumah tangga termasuk pariwisata. Menurut data historis, rata-rata curah hujan pada April di Danau Toba sebesar 203 mm. Pelaksanaan TMC itu diharapkan dapat meningkatkan 20-30 persen dari curah hujan selama April 2021 di Danau Toba.

(haf/haf)