Diduga Tampar Warga di Masjid, Timses Denny Indrayana Dipolisikan

M Risanta - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 14:48 WIB
Insiden gesekan antara warga dengan anggota timses cagub Kalsel Denny Indrayana di sebuah masjid di Banjarmasin (Screenshot video viral)
Insiden gesekan antara warga dengan anggota timses cagub Kalsel Denny Indrayana di sebuah masjid di Banjarmasin. (Screenshot video viral)
Banjarmasin -

Seorang warga bernama Aman (62) diduga menjadi korban kekerasan anggota tim sukses (timses) calon gubernur-wakil gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Denny Indrayana-Difriadi Darjad. Peristiwa itu terjadi saat Denny melakukan safari ke Masjid Nurul Iman di Banjarmasin.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (31/3/2021) di masjid yang berlokasi di Jalan Prona, Kelurahan Pemurus Baru, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Banjarmasin, Kalsel. Aman mengaku awalnya dia sedang mendengarkan ceramah.

Di saat bersamaan, ada rombongan Denny di masjid tersebut. Lalu Aman mengaku disenggol seorang anggota timses Denny Indrayana. Selanjutnya mereka berdua ada di halaman masjid dan hampir terlibat duel perkelahian.

"Masker aku dipaculnya (dilepasnya, red). Terus aku ditamparnya di wajah, hingga bibir luka," kata Aman kepada wartawan.

Hal ini dibenarkan Ibrahim, salah seorang saksi yang melihat langsung insiden pemukulan tersebut. Menurutnya, kasus kekerasan terjadi karena Aman dianggap sebagai penyusup.

"Ikam ini penyusup, dan ditamparnya langsung (kamu ini penyusup dan langsung dipukulnya)," kata Ibrahim.

Insiden tersebut mengundang perhatian warga sehingga membuat suasana menjadi ramai. Seusai insiden tersebut, Denny Indrayana bersama timnya sempat mengamankan diri di dalam masjid.

Tak lama berselang, Tim Polresta Banjarmasin yang dipimpin langsung Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo tiba di lokasi kejadian. Aman dan JR pun langsung dibawa ke Polresta Banjarmasin.

"Tadi kami mendapat laporan adanya kerumunan massa, karena masa pandemi kami mau membubarkan kerumunan orang tersebut. Rupanya ada insiden dan bermasalah, mereka yang terlibat insiden kita bawa ke Polresta Banjarmasin untuk dicarikan tindakan terbaik dan solusi agar permasalahan selesai," terang AKBP Sabana.

Kepolisian sendiri berharap masyarakat Banjarmasin menjaga situasi keamanan dan ketertiban serta menahan diri meski sempat ada insiden antara warga dan anggota timses Denny.

"Kami minta warga bersama-sama tetap mematuhi protokol kesehatan, hindari kerumunan, serta tidak terpengaruh dengan berita-berita yang provokatif," ujarnya.

Aman pun membuat laporan atas dugaan kekerasan yang dialaminya. Laporan tersebut telah diterima Polresta Banjarmasin dengan nomor STTLP/152/III/2021/KSL/RESTA BJM/SPKT.

"Melapor dan diproses laporannya," kata AKBP Sabana.

(jbr/jbr)