Ada Kode Takjil untuk Bahan Peledak Besar yang Disiapkan Terduga Teroris

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 17:57 WIB
Konferensi pers penangkapan terduga teroris di Bekasi dan Condet (Adhyasta-detikcom)
Foto: Konferensi pers penangkapan terduga teroris di Bekasi dan Condet (Adhyasta-detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap empat orang terduga teroris di Bekasi dan Condet, Jakarta Timur (Jaktim). Polisi juga mengungkap kode 'takjil' yang digunakan para terduga teroris untuk bahan peledak atau bom dengan ledakan besar.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengatakan empat orang yang ditangkap polisi itu adalah ZA, BS, AJ, dan HH. Dia menjelaskan kode 'takjil' itu saat mengungkap peran BS.

"Peran BS adalah mengetahui pembuatan handak dan cara membuat handak menyampaikan kepada saudara AJ terkait dengan takjil, mereka mengistilahkannya dengan istilah takjil, setelah dicampurkan yang akan menghasilkan bom dengan ledakan besar," ucap Fadil dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (29/3/2021).

Fadil mengatakan ada sejumlah bahan baku diduga untuk bom yang diamankan dari dua lokasi penggerebekan. Dia juga mengatakan BS diduga dibantu AJ dalam membuat 'takjil'.

Dia menyebut para terduga teroris itu diduga mengetahui cara membuat bom dari HH. Menurutnya, HH berperan membuat rencana taktis dan teknis dalam pembuatan bom.

"Membiayai dan mengirimkan video teknis pembuatan," ucapnya.

Simak Video: Penemuan Bom Aktif dan Bahan Peledak di Bekasi

[Gambas:Video 20detik]



(haf/fjp)