Truk Muatan Cairan Kimia Methanol Tumpah di Tol Meruya, Damkar Siaga

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 10:20 WIB
Truk muatan cairan kimia methanol terguling di exit tol KM 9 Tol JORR. Foto dikirim narasumber
Truk muatan cairan kimia methanol terguling di exit tol Km 9 Tol JORR. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Sebuah truk muatan bahan kimia jenis methanol terguling di Km 9 Tol JORR, tepatnya di dekat GT Meruya Utara 4, Jakarta Barat. Petugas Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) bersiaga di lokasi.

"Untuk penanganannya dari Jasa Marga, kami hanya siaga untuk mengantisipasi nyala api. Karena itu alkohol, kita antisipasi takut ada penyalaan. Jadi kami tidak terlibat langsung evakuasi, hanya standby saja," ujar Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Eko Sumarno saat dihubungi detikcom, Senin (29/3/2021).

Eko mengatakan pihaknya siaga di lokasi dengan perlengkapan alat pemadam kebakaran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran karena bahan kimia yang diangkut termasuk bahan berbahaya.

"Informasinya itu alkohol gampang menyala, sehingga kita siaga. Karena itu kan alkohol methanol 100 persen katanya, takut ada penyalaan aja di sana," jelasnya.

Pihak Sudin Gulkarmat Jakarta Barat mendapatkan informasi truk terguling sekitar pukul 07.00 WIB. Saat ini petugas masih menangani truk terguling tersebut.

"Damkar masih di sana, untuk informasi evakuasi bisa ke Jasa Marga," tutur Eko.

Dari foto yang diterima detikcom, truk terguling di exit tol ke arah Tangerang. Truk terguling ke kiri dengan posisi 2 ban depan-belakang bagian kanan berada di atas.

Sementara itu, tampak cairan keluar dari truk tersebut. Kondisi truk terguling ini menghalangi satu lajur jalan.

Simak juga video '2 Truk Amblas ke Lubang Galian, Jalur Pantura Subang Macet Parah':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)