Komisi VII DPR Akan Panggil Pertamina soal Kebakaran Kilang Balongan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 09:44 WIB
Jakarta -

Kilang minyak PT Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar. Komisi VII DPR RI akan memanggil jajaran direksi Pertamina untuk mendapat informasi terkait kebakaran kilang minyak tersebut.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno prihatin atas insiden kebakaran kilang Pertamina Balongan. Apalagi, kata Eddy, kilang Pertamina Balongan merupakan kilang yang sangat vital bagi pengolahan minyak mentah nasional.

"Tentu kita semua berharap kebakaran ini bisa segera teratasi dan secepatnya dilakukan pencegahan agar tidak menjalar ke permukiman warga. Mereka yang jadi korban juga segera mendapatkan perawatan," kata Eddy kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Eddy meminta Pertamina segera memberikan penjelasan perihal penyebab kebakaran di kilang Balongan ini. Ia mendesak Pertamina untuk segera mempersiapkan langkah langkah pemulihan operasi kilang Balongan

"Komisi VII DPR RI akan segera memanggil Direksi Pertamina untuk meminta penjelasan atas kronologis peristiwa ini. Harus ada upaya pencegahan agar kasus serupa tidak terulang kembali," ujar Sekjen PAN ini.

Kebakaran sebelumnya terjadi di kilang minyak Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dua kilometer area di sekitar lokasi kebakaran disterilisasi.

"Petugas keamanan dibantu pemerintah setempat dan instansi-instansi lain melakukan evakuasi yang berada di sana. Radiusnya satu sampai dua kilometer dari TKP. Sterilisasi tidak mendekat TKP di dua kilometer," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago saat dihubungi, Senin (29/3).

Erdi menuturkan pengamanan di lokasi kejadian dilakukan sejak malam tadi. Petugas gabungan mengantisipasi api yang kemungkinan bisa menyebar.

"Dari sejak awal tadi malam pengamanan baik di TKP maupun sekitar TKP karena ini menyangkut kebakaran kilang minyak yang tidak bisa kita prediksi apakah bisa dalam waktu cepat atau menyebar ke yang lain," kata Erdi.

(rfs/gbr)