Kapolri Apresiasi Kosmas Penghadang Bomber Makassar: Cegah Korban Lebih Banyak

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 21:47 WIB
Panglima TNI-Kapolri Datangi Lokasi Bom Bunuh Diri di Makassar
Panglima TNI dan Kapolri datangi lokasi bom bunuh diri di Makassar / Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa terima kasih kepada Kosmas (51), sekuriti yang menghadang pelaku bom bunuh diri masuk ke Gereja Katedral Makassar. Kosmas saat ini masih dirawat intensif akibat luka bakar imbas serpihan bom bunuh diri.

"Saya juga berterima kasih kepada petugas satpam yang telah menjaga, menahan pelaku bom bunuh diri sehingga mencegah korban lebih banyak," ujar Jenderal Sigit kepada wartawan di depan Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021).

Sigit mengimbau masyarakat tetap tenang. Warga juga diimbau agar tetap beraktivitas seperti biasa.

"Mari kita jaga agar situasi kondusif. Sekali lagi masyarakat tetap tenang beraktivitas biasa urusan penangkapan teroris serahkan pada kami," katanya.

Seperti diketahui, bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar bisa saja memakan korban lebih banyak bila tak sempat dihadang Kosmas selaku sekuriti gereja. Kini Kosmas mengalami luka bakar yang cukup serius.

"Iya beliau yang sempat menghadang (pelaku bom bunuh diri). Dia itu luka bakar. Cukup banyak tadi di badannya, bagian depan sama samping," ucap Jon (48) selaku adik dari Kosmas saat ditemui detikcom di RS Stella Maris, Makassar, Minggu (28/3/2021).

Menurut Jon, kondisi Kosmas saat ini sudah lebih baik. Namun perawatan Kosmas kini dirujuk ke RS Bhayangkara Makassar.

"Sudah agak baikan sekarang dia sudah bisa bicara dan bisa jalan dia," kata Jon.

(hmw/imk)