Peserta ISSOM 2021 Bisa Balapan Sekaligus Berwisata di Sentul

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 19:17 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Kejuaraan balap mobil Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 mulai bergulir. Seri pertama ISSOM 2021 dibuka oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

ISSOM 2021 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat menyelenggarakan sejumlah kategori balapan, antara lain Mercedes One Make Race Championship, BMWCCI One Make Race, Honda Jazz Brio Speed Challenge, Euro Touring Car Championship, Indonesia Touring Car Race Max & 1500, Indonesia Touring Car Race 1200, Super Touring Car Championship 1, Super Touring Car Championship 2, dan Indonesia Retro Race.

"Lebih dari 200 pembalap ikut serta dalam ISSOM 2021. Dari mulai yang senior hingga pembalap muda seperti Avila Bahar (usia 19 tahun) yang turun dalam Indonesian Touring Car Race Max & 1.500, Canya Prasetyo (21 tahun, putri Ketua DPRD DKI Jakarta sekaligus Pembina IMI Pusat, Prasetyo Edi Marsudi) yang turun di ajang Indonesia Touring Car Race 1.200, ataupun Jordan Johan (23 tahun) yang juga turun di kelas Indonesia Touring Car Race 1.200," papar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (28/3/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjabarkan ISSOM 2021 rencananya akan menggelar enam seri balapan di Sirkuit Internasional Sentul, dan satu seri di Sirkuit BSD. Sehingga bisa dijadikan ajang penyaringan bibit pembalap nasional untuk berkiprah lebih lanjut di ajang internasional.

Bamsoet menyebut penyelenggaraan ISSOM juga menjadi momen untuk menjadi Sirkuit Internasional Sentul sebagai salah satu sport automotive tourism.

"Usai mengikuti balapan, para pembalap, mekanik dan official team lainnya bisa menikmati panorama alam Sentul dan Bogor yang asri. Sekaligus menikmati kuliner hingga souvenir khas dari berbagai pelaku UMKM Bogor. Sehingga bisa turut menggerakkan perekonomian rakyat," urai Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memastikan penyelenggaraan putaran pertama ISSOM 2021 sudah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Balapan digelar tanpa penonton, serta seluruh pembalap, mekanik, dan official team sudah di tes swab antigen untuk memastikan tidak terpapar COVID-19.

"Sebelum opening ceremony putaran pertama ISSOM 2021, pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Pak Tinton Soeprapto dan Ibu Lola Moenek memberikan kejutan potong tumpeng dan doa bersama, dalam rangka syukuran HUT IMI ke-115. Di usianya yang sudah melebihi satu abad, IMI berharap bisa memfasilitasi lebih banyak kejuaraan balap seperti ISSOM. Sehingga melahirkan lebih banyak pembalap internasional dari Indonesia," imbuh Bamsoet.

(fhs/ega)