Hakim PN Jakpus Sahkan Pencabutan Gugatan Marzuki Alie dkk ke AHY

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 13:38 WIB
Kantor PN Jakarta Pusat ditutup sementara selama tiga hari. Hal ini setelah ada dua PNS di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat terpapar COVID-19.
PN Jakarta Pusat (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengesahkan pencabutan gugatan yang dilayangkan Marzuki Alie dkk terkait permintaan pencabutan surat keputusan (SK) pemecatannya yang dilakukan Ketum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Gugatan Marzuki Alie dkk resmi dicabut.

Sidang pengesahan digelar di PN Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (26/3/2021). Pencabutan gugatan ini seharusnya bisa langsung ditetapkan majelis hakim jika tim pengacara Marzuki Alie dkk bisa menunjukkan surat kuasa saat sidang pencabutan pada Selasa (23/4).

Namun, karena tim pengacara Marzuki tidak siap dan tidak membawa surat kuasa hingga identitas diri, hakim menunda membacakan penetapan pencabutan. Dalam sidang hari ini, tim pengacara Marzuki Alie dkk sudah bisa menunjukkan surat kuasa, sehingga pencabutan gugatan telah sah menurut hukum.

"Jadi, setelah legal standing pihak penggugat yang kurang, tadi sudah ditunjukkan KTP aslinya, dan kemudian majelis hakim mengabulkan putuskan pencabutan itu. Jadi saya kira masalahnya itu sudah selesai, Marzuki Alie cs ternyata gerombolan mencabut gugatan itu sebelum menghadapi pertempuran, karena dia berpikir legal standing mereka lemah karena ini adalah masalah parpol pasti akan kembali ke mahkamah partai," ujar pengacara AHY dkk, Mehbob, seusai sidang.

Diketahui, Marzuki Alie bersama Tri Yulianto, Damrizal, Achmad Yahya, Yus Sudarso, dan Syofwatillah Mohzaib, menggugat AHY, Sekjen PD Teuku Riefky Harsya, dan Ketua Dewan Kehormatan PD Hinca Pandjaitan.

Marzuki dkk meminta AHY membatalkan SK pemecatannya di PD. Namun, pada sidang perdana yang digelar Selasa (24/3) lalu, dia mencabut gugatannya itu.

"Pada mandat para ke-6 penggugat, pada hari ini, penggugat mengajukan pencabutan gugatan, Yang Mulia," ujar pengacara Marzuki Alie dkk, Slamet Hassan, dalam sidang di PN Jakarta Pusat, Selasa (23/3).

Marzuki Alie sudah menjawab terkait pencabutan gugatan terhadap AHY dan Partai Demokrat terkait pemecatan Marzuki Alie dkk. Marzuki menyebut gugatan itu sudah tidak relevan lagi setelah proses KLB.

"Gugatan itu seharusnya sebelum KLB. Tapi terlambat masuk setelah KLB. Sudah tidak relevan lagi, karena kami sudah direhabilitasi lewat KLB, dan kepengurusan AHY juga sudah demisioner," kata Marzuki saat dihubungi, Selasa (23/3).

(zap/imk)