Dewan Energi Nasional Dorong Perda RUED DKI Jakarta Dipercepat

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 11:09 WIB
Untuk Pertama Kalinya Penggunaan Energi Terbarukan di Eropa Salip Energi Fosil
Foto: DW (News)
Jakarta -

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) melakukan kunjungan kerja ke DPRD DKI Jakarta. Hal itu dilakukan dalam rangka percepatan penyelesaian Peraturan Daerah (Perda) Rencana Umum Energi Daerah (RUED) yang telah menjadi program nasional.

Dalam kunjungan itu, Anggota DEN Daryatmo Mardiyanto mendorong Pemprov DKI Jakarta mempercepat penyelesaian Perda RUED Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2021 dan segera ditetapkan. Hal ini mengingat 20 Provinsi lain sudah selesai ditetapkan Perda RUED, tinggal 14 Provinsi yang belum termasuk DKI Jakarta.

"Presiden melalui Ketua Harian DEN senantiasa menekankan agar DEN melakukan pembinaan penyusunan RUED kepada Pemerintah Daerah dan mendorong Perda RUED melalui langkah-langkah seperti yang kita lakukan saat ini," ujar Daryatmo dalam keterangan tertulis, Jumat (26/3/2021).

Adapun anggota DEN yang hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Daryatmo Mardiyanto, Agus Puji Prasetyono, Satya Widya Yudha, As Natio Lasman, Yusra Khan, bersama Anggota Komisi VII DPR RI Abraham Lunggana (Haji Lulung), Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto, dan Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak.

Anggota DEN diterima secara langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Pantas Nainggolan, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono, dan Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhanah.

Anggota DEN lainnya Satya Widya Yudha menambahkan salah satu upaya untuk meningkatkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) dan energi bersih di DKI Jakarta bisa dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap, penggunaan jaringan gas kota.

"Selain itu, juga memberikan penghargaan (reward) pada gedung yang menerapkan green building," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DEN Agus Puji mengatakan paradigma energi merupakan modal dasar pembangunan, di mana DKI Jakarta perlu memetakan karakteristik sektor keenergian dan industri. Oleh karenanya, pihaknya bersedia membantu dalam membina penyusunan RUED DKI Jakarta ini.

Senada dengan Agus Puji, Anggota DPR RI Haji Lulung menyampaikan dalam pengelolaan energi diperlukan payung hukum kuat yaitu Perda yang akan dapat memacu keterlibatan pengelolaan energi secara baik, juga pengembangan teknologi, dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi kunci pengelolaan energi.

Sekjen DEN Djoko Siswanto menjelaskan pokok-pokok Perda RUED Provinsi tersebut yaitu pemanfaatan lahan untuk penyediaan energi, peningkatan pemanfaatan EBT, prioritas kawasan energi, pemanfaatan PLTS untuk industri dan sektor komersial, pelaksanaan kebijakan konservasi energi, dan pendanaan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edy Marsudi menjelaskan pihaknya mendukung pengelolaan energi yang bersih dan ramah lingkungan sehingga dukungan terhadap rancangan RUED Provinsi DKI adalah mutlak ditetapkan sesegera mungkin.

Kepala Bappeda Nasruddin Djoko Surjono menambahkan pihaknya juga sedang mengembangkan transportasi bis dengan tenaga listrik, pemanfaatan transportasi massal dari tenaga listrik ini untuk mengurangi polusi udara, dan menggeser transportasi umum yang berbasis non listrik.

Simak juga 'Jawa Barat Kembangkan Energi Alternatif Ramah Lingkungan':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/prf)