Di Depan Para Relawan, Jokowi Bicara Ujian yang Maha Berat

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 18:06 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri kegiatan temu relawan nasional Jokowi 2021 secara virtual. Jokowi berbicara mengenai ujian yang 'maha berat' dalam perjuangan mewujudkan visi Indonesia Maju.

"Temu relawan nasional Jokowi 2021 kali ini dilaksanakan dalam suasana yang berbeda tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana kita bisa bertemu bertatap muka secara langsung namun kali ini bertemu secara daring karena dibatasi oleh keadaan yang di luar kendali kita karena adanya pandemi COVID-19. Ini artinya bahwa jalan perjuangan kita bersama untuk mewujudkan Indonesia Maju memang sedang menghadapi ujian dan cobaan yang maha berat," kata Jokowi dalam acara temu relawan nasional Jokowi 2021 yang disiarkan virtual, Kamis (25/3/2021).

"Tapi saya percaya para sahabat-sahabat saya, teman-teman saya, Bapak-Ibu dan Saudara-saudara sekalian, para relawan adalah relawan yang selalu setia dalam jalan perjuangan kita bersama ini, berjuang dengan tulus, tangguh, dan sepenuh hati," sambung Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah telah menggunakan segala cara dalam mengendalikan pandemi COVID-19. Dia juga mengatakan Indonesia patut bersyukur karena menjadi salah satu negara yang bisa cepat dan tepat mendapatkan vaksin.

"Vaksinasi adalah salah satu untuk supaya kita bisa menghentikan pandemi COVID ini namun upaya ini tidak ada artinya tanpa dukungan masyarakat tanpa dukungan para relawan, Bapak-Ibu, Saudara-saudara sekalian, untuk tetap menjaga protokol kesehatan, sekali lagi bahwa protokol kesehatan ini tetap diperlukan hingga pandemi ini berakhir," ujar Jokowi.

Dalam situasi sulit ini, kata Jokowi, pemerintah terus konsisten mempercepat semua program. Selain penanganan pandemi, pemerintah terus berusaha memulihkan ekonomi.

"Pada saat bersamaan diupayakan juga program pemulihan ekonomi ini yang tidak mudah, dan juga program-program prioritas nasional bantuan insentif bagi masyarakat terdampak pandemi terus dilakukan, terus digulirkan pembangunan infrastruktur juga terus dijalankan, dan tentu saja yang kita inginkan adalah penciptaan lapangan kerja yang akan terus kita upayakan. Serta kita ingin memastikan anak-anak kita memperoleh pendidikan yang layak untuk mempersiapkan peradaban Indonesia yang berbudaya, yang berkarakter, yang lebih baik ke depan," imbuh Jokowi.

Jokowi memahami kesulitan yang dihadapi masyarakat. Menurut Jokowi, pandemi ini sangat menguras pikiran.

"Saya sangat memahami merasakan kesulitan yang dihadapi oleh saudara-saudara kita, pandemi ini betul-betul terus menguras pikiran kita dan juga menggugah rasa kemanusiaan kita namun saat bersamaan saya juga mendengar dan melihat perjuangan Bapak-Ibu, Saudara-saudara semuanya, bersatu saling bahu-membahu, bergotong royong bersama seluruh elemen masyarakat agar kita semuanya bisa melewati situasi yang tidak mudah ini, situasi yang tidak gampang tadi," beber Jokowi.

Lihat Video "Jokowi: Kalau 70% Masyarakat Divaksin, Corona Datang Bisa Mental":

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)