Satgas COVID-19 Sebut 3 Provinsi yang Bisa Jadi Acuan Penerapan PPKM Mikro

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 17:47 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menyebutkan tiga provinsi yang menjadi acuan dalam penerapan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Ketiga provinsi tersebut yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Kalimantan.

"Pembelajaran yang dapat diambil dalam penerapan PPKM selama dua minggu, ditiga provinsi ini, yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur," ujar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui youtube BNPB, Kamis (25/3/2021).

Wiku mengatakan, terdapat tiga indikator yang menjadi penilaian dalam penerapan PPKM mikro, yaitu, penambahan kasus positif, sembuh dan meninggal mingguan. Ketiga provinsi ini disebut telah menunjukan perkembangan baik selama dua minggu.

"Ketiga provinsi ini menunjukan perkembangan yang baik pada ketiga indikator tersebut, kasus positif dan kematian mengalami penurunan selama dua minggu terakhir, pun kesembuhan baru mengalami kenaikan selama dua minggu pelaksanaan PPKM," kata Wiku.

"Hal ini menunjukkan bahwa pada ketiga daerah ini hanya butuh waktu dua minggu pelaksanaan PPKM untuk dapat terlihat dampaknya pada kasus COVID. Hal ini dapat tercapai karena penerapan kebijakan yang dilakukan ditahap awal ini, yaitu selama dua minggu pertama dilaksanakan dengan baik dan serius," sambungnya.

Wiku menyebutkan, dampak baik dari penerapan PPKM mikro ini tergantung pada kebijakan yang diterapkan. Namun Wiku juga tidak mungkiri penerapan kebijakan di masing-masing wilayah bervariasi.

"Perlu menjadi catatan bahwa dampak dari penerapan kebijakan memang bervariasi pada tiap wilayah, tergantung jumlah kasus COVID, jumlah penduduk, karakteristik wilayah, dan pendekatan yang dilakukan di wilayah masing-masing," kata Wiku.

Wiku berharap provinsi lain dapat menjadikan ketiga provinsi ini, sebagai contoh dalam penerapan kebijakan PPKM.

"Dengan pembelajaran ini saya berharap provinsi yang merasa masih mengalami perkembangan yang kurang diharapkan, untuk dapat belajar dari ketiga provinsi ini," pungkasnya.

Lihat Video: Tambah 5 Provinsi, PPKM Mikro Diperpanjang

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/gbr)