Viral 'Pocong' Lari di Atap Rumah di Cilegon, Ketua RT Beri Penjelasan

M Iqbal - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 17:11 WIB
Viral video pocong berlarian di atap rumah warga di Cilegon, Banten (tangkapan layar)
Viral video 'pocong' berlarian di atap rumah warga di Cilegon, Banten (tangkapan layar)
Cilegon -

Sebuah video menampilkan bayangan putih berlari di atap rumah warga di Cilegon, Banten, viral di media sosial. Bayangan putih itu disebut-sebut sebagai pocong.

Peristiwa itu terjadi di Lingkungan Babakan Turi RT 04/02, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, pada Selasa (23/3) sekitar pukul 01.00 WIB. Dari video yang beredar, tampak bayangan berwarna putih berada di atap rumah warga. Bayangan itu terlihat seperti 'pocong'.

Sejumlah warga tampak melihat ke arah 'pocong' itu. Sementara warga lainnya terlihat berlarian.

"Viral! Infonya Pocong Ketangkep Kamera, Ramai di Babakan Turi-Cilegon, taunya maling," narasi dalam video yang beredar.

Ketua RT 02 Babakan Turi, Samsyur Bahri, angkat bicara terkait hal tersebut. Menurutnya, bayangan putih yang viral itu bukan pocong.

"Sebetulnya kalau dibahasakan pocong saya katakan itu bukan pocong, tapi yang jelas sih pelaku pencurian yang kemungkinan dikamuflase dengan menggunakan baju putih sehingga untuk memberikan rasa takut mungkin ke pihak korban seperti itu intinya," kata Samsyur Bahri saat dimintai konfirmasi, Kamis (25/3/2021).

Pelaku diduga maling itu mengenakan pakaian putih saat beraksi. Dia lari ke atap rumah warga setelah kepergok pemilik rumah.

"Bahwa ada orang di atap rumah atau di atas genting itu dia lari dan kebetulan si pelaku itu menggunakan baju atau pakaian yang dia kenakan itu berwarna putih," kata Samsyur.

"Jadi begitu dalam video di-screenshot membayang tuh jadi seakan-akan pocong lari, terbang. Akhirnya dari Facebook ke Facebook viral seperti itu," lanjutnya.

Samsyur yakin bahwa sosok bayangan putih itu maling lantaran empat hari sebelum kejadian ada salah seorang warganya yang kemalingan. "Ya sebenarnya sih, ya pencurian karena empat hari sebelum viral ini ada kejadian warga kami kemalingan, jadi dia (korban) kehilangan HP dan satu tas berisi berkas surat-surat tanah dan BPKB motor," kata dia.

Tonton juga Video: Terekam CCTV! Detik-detik Pocong Dikejar Anjing di Sulsel

[Gambas:Video 20detik]



(bal/isa)