Round-Up

Rentetan Penangkapan Terduga Teroris di RI dalam Sepekan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 22:32 WIB
Polisi berjaga saat Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menggeledah sebuah gudang ekspedisi di Jalan Kunti No 72, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/4/2020). Penggeledah dilakukan setelah Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris di tempat itu pada Kamis (23/4/2020) lalu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.
Foto: Ilustrasi (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

2. Sumatera Barat

Tim Densus 88 Antiteror juga menangkap sejumlah terduga teroris di Sumatera Barta. Penangkapan itu dilakukan di daerah Bukittinggi dan Padang, Sumatera Barat.

"Itu yang nangkap dari Densus 88. Memang ada Densus 88 melakukan penangkapan orang yang terduga (teroris) itu. Cuma kita tidak bisa menjelaskan secara mendetail. Kita hanya membenarkan saja," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu saat dihubungi detikcom, Sabtu (20/3/2021).

Penangkapan itu dilakukan pada Jumat (19/3). Menurut Stefanus, penangkapan terduga teroris itu bukan hanya dilakukan di daerah Bukittinggi.

"Kita dikasih tahu ada kegiatan penangkapan itu di beberapa lokasi. Ada di Padang, kemudian di Bukittinggi," ujar Stefanus.

Menurut data Mabes Polri, terduga teroris yang ditangkap di wilayah Sumatera Barat berjumlah 6 orang. Para terduga teroris ini tergabung dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

3. Tangerang

Tim Densus 88 Polri menangkap seorang terduga teroris di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Terduga teroris berinisial AM itu ditangkap di Perumahan Islamic Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan penangkapan terduga teroris itu. Terduga teroris tersebut ditangkap pada pagi hari.

"Membenarkan pada hari ini Rabu tanggal 24 Maret 2021, pada pukul 07.45 WIB, bertempat di Jalan Komari 2, Perumahan Islamic Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, telah dilakukan penangkapan terhadap orang terduga teroris atas nama AM," kata Yusri dalam keterangan, kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Densus 88 kemudian menggeledah di rumah terduga teroris AM. TKP dijaga ketat oleh polisi.

"Langkah-langkah Polres, membantu Densus 88 dalam memberikan pengamanan TKP," kata Yusri.


(rfs/rfs)