Pengguna Sepeda Nonlipat Terbantu Bisa Naik MRT, Usul Disediakan Lift

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 15:01 WIB
Pesepeda MRT.
Pesepeda MRT. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Sepeda nonlipat diperbolehkan masuk ke kereta MRT mulai hari ini. Pesepeda merasa terbantu atas kebijakan baru ini.

"Sejak sepeda nonlipat boleh ada di MRT itu sangat membantu buat pengguna sepeda nonlipat jadi bisa lebih ke mana-mana," ujar Jonathan, di Stasiun Bundaran HI, Rabu (24/3/2021).

Dia mengaku tak terlalu rumit membawa sepeda masuk ke stasiun hingga kereta MRT. Dia berharap stasiun MRT juga menyediakan lift untuk memudahkan sepeda nonlipat masuk.

"Mungkin bisa disediakan lift untuk para pengguna sepeda nonlipat ya. Soalnya kalau naikin begini ngos-ngosan juga sih karena bobot sepeda yang lebih berat dibanding yang lipat," katanya.

Seperti diketahui, sepeda nonlipat diizinkan masuk ke kereta MRT. Marka-marka di stasiun MRT untuk calon penumpang yang membawa sepeda nonlipat telah disediakan.

Untuk naik kereta MRT, calon penumpang harus ke gerbong dengan menaiki tangga atau memakai lift. Sedangkan orang-orang yang membawa sepeda nonlipat dan ingin menggunakan MRT bisa menggunakan jalur sepeda di sebelah tangga.

Marka jalur sepeda ini ditandai dengan logo sepeda. Ketika sampai di gerbong atau setelah menaiki tangga, pesepeda diarahkan dengan marka-marka untuk menuju jalur khusus sepeda.

Ada marka untuk meletakkan sepeda nonlipat saat menunggu kereta MRT. Tempat pesepeda untuk menunggu dan masuk ke kereta MRT ini berada di ujung gerbong.

(idn/idn)