Jhoni Allen Gugat AHY dkk Bayar Ganti Rugi Rp 55,8 M, Ini Rinciannya

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 14:19 WIB
Jakarta -

Jhoni Allen Marbun menggugat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan sejumlah pihak lain karena tidak terima dipecat sebagai kader Partai Demokrat (PD) secara sepihak. Dalam gugatannya, Jhoni menggugat AHY dkk membayar Rp 55,8 miliar. Apa alasannya?

Pengacara Jhoni Allen, Slamet Hasan, menjelaskan alasan Jhoni meminta ganti rugi itu ketika membacakan gugatan Jhoni dalam sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (24/3/2021). Slamet mengatakan kliennya merasa dirugikan karena dipecat secara sepihak.

"Bahwa akibat perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh para tergugat, mengakibatkan kerugian yang dialami penggugat baik materiil ataupun imateriil," ujar Slamet dalam sidang.

Adapun rincian kerugian Jhoni Allen sebagai berikut:

Kerugian materiil

- Gaji anggota DPR RI sejumlah Rp 60 juta per bulan x 4 bulan = Rp 2,640 miliar
- Kunjungan Dapil DPR RI sejumlah Rp 120 juta per 6 bulan x 8 = Rp 960 juta
- Uang reses Rp 400 juta per tahun x 4 = Rp 1,6 miliar.
- Rumah aspirasi Rp 150 juta per tahun x 4 = Rp 600 juta.
Total kerugian materiil adalah Rp 5,8 miliar.

Slamet juga menjelaskan kerugian imateriil yang digugat kliennya. Dia mengatakan Jhoni Allen merasa SK pemecatan merugikan harkat dan martabatnya. Jhoni pun meminta AHY membayar Rp 50 miliar untuk disumbangkan ke panti sosial.

"Kerugian imateriil yang diderita penggugat baik berupa hilang harkat-martabat serta hilang kepercayaan publik karena keputusan yang dibuat tergugat. Nilai kerugian imateriil sejumlah Rp 50 miliar, yang akan disumbangkan ke panti sosial yang membutuhkan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2