Baleg DPR Sebut Presiden Ingin Pembahasan RUU IKN Segera Jalan

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 14:02 WIB
Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas
Supratman Andi Agtas (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

RUU Ibu Kota Negara (IKN) masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin RUU itu dibahas segera.

"Kan sudah komitmen pemerintah dan bersama partai pendukung pemerintah di parlemen. Nah presiden menginginkan ini harus segera jalan. Dan mau tidak mau, yang penting kekhawatiran pembahasan RUU IKN ini kan hanya terkait dengan kepastian pendanaan," kata Supratman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Terkait masih adanya fraksi yang tidak setuju RUU IKN masuk dalam prioritas, Supratman memaklumi hal itu. Hanya saja ada beberapa catatan terkait pendanaan.

"Beberapa fraksi mengemukakan hal itu ya, saya sebut saya Fraksi PAN dan Demokrat, tapi pada intinya mereka bisa memaklumi itu hanya mengingatkan rambu-rambu kekhawatiran. Jangan sampai undang-undang dimasukkan tapi tidak bisa jalan," ujarnya.

"Tapi kan pemerintah punya kepercayaan diri lewat instrumen yang dibangun saat ini saya yakin itu bisa jalan," ucapnya.

Namun belum diketahui apakah naskah akademik RUU Ibu Kota Negara ini sudah sampai di DPR. Supratman menyebut pemerintah akan menyerahkan langsung ke pimpinan DPR.

"Saya belum tahu, itu domainnya di pimpinan DPR. Terkait dengan penyerahan secara resmi nanti pemerintah langsung mengerahkan ke pimpinan DPR, soal nanti AKD mana yang membahas itu tergantung pada bamus untuk melakukan itu," tuturnya.

(eva/gbr)