Resmikan Bandara Kuabang, Jokowi Harapkan Pertumbuhan Ekonomi Baru

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 11:56 WIB
Halmahera Utara -

Presiden Joko Widodo meresmikan terminal penumpang Bandara Kuabang di Kecamatan Kao, Halmahera Utara. Bandara tersebut akan kembali melayani penerbangan reguler.

Terminal penumpang Bandara Kuabang dibangun di atas lahan 3.500 meter persegi. Dapat menampung sekitar 160 ribu penumpang per tahun.

Dalam seremoni peresmian, Jokowi menyampaikan kehadiran bandara akan mempermudah keterjangkauan wilayah Kabupaten Halmahera Utara. Hal itu akan berdampak pada peningkatan daya saing daerah.

"(Infrastruktur) membangun sebuah daya saing agar kita bisa berkompetisi dengan daerah lain bersaing dengan negara-negara lain, itu yang harus kita tahu semuanya," ungkap Jokowi, Rabu (24/3/2021).

Jokowi menambahkan dengan adanya terminal penumpang yang memadai di Bandara Kuabang, akan banyak orang yang berkunjung ke Halmahera Utara sehingga pertumbuhan ekonomi ikut terkatrol.

"Saya menyambut baik alhamdulillah terminal penumpang di Bandara Kuabang siap digunakan untuk mendunkung aktivitas masyarakat. Kita harapakan akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar bandara ini," ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Udara berkeliling di area terminal penumpang Bandara Kuabang. Jokowi juga menginstruksikan Menhub untuk segera mengatur layanan penerbangan reguler dari dan menuju Kuabang.

"Tadi Menteri Perhubungan menyampaikan sebelum pandemi di sini ada 2 flight reguler plus 1 carter. Tapi karena pandemi sekarang (penerbangan reguler) berhenti yang jalan hanya carter. Pagi hari ini saya perintahkan Pak Menhub dan Dirjen (Perhubungan udara) agar di airport Kuabang ini disiapkan minimal dua kali flight menuju ke sini," jelas Jokowi.

Sementara itu, dalam laporannya kepada presiden, Budi Karya menjelaskan Bandara Kuabang melengkapi keberadaan Bandara Sultan Babullah di Ternate. Seperti diketahui, layanan penerbangan di Bandara Sultan Baabullah kerap terganggu saat ada aktivitas vulkanik dari Gunung Gamalama dan Gunung Dukono yang ada di dekat bandara.

"Bandara Kuabang ini satu bandara yang saling melengkapi dengan Bandara Sultan Baabulah Ternate. Bandara ini dibangun atas dukungan Gubernur (Maluku Utara), Bupati (Halmahera Utara dan masyarakat," ulas Budi.

(prf/ega)