Jadi Polisi Gadungan di Pantai Losari Makassar, Pegawai Resto Ditangkap

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 11:16 WIB
Makassar -

Polisi menangkap seorang pria pegawai restoran di Kota Makassar berinisial TT (30) karena menjadi polisi gadungan. TT berpakaian layaknya penyidik kepolisian dan berkeliling di wilayah Pantai Losari.

"Betul, dia keliling-keliling di Pantai Losari, foto-foto, terus kedapatan anggota patroli," ujar Kapolsek Ujung Pandang Kompol Bagas Sancayoning kepada detikcom, Rabu (24/3/2021).

Bagas mengatakan TT awalnya baru saja menghadiri pesta pernikahan kerabatnya pada Selasa (23/3) sore di Makassar. Saat pulang dari kondangan, TT mampir ke Pantai Losari dan keliling-keliling di sana.

Namun, saat di Pantai Losari, TT, yang berpakaian seperti penyidik kepolisian, menyita perhatian, termasuk polisi yang sedang berpatroli saat itu.

"Itu dia pakai pakaian putih dasi merah (seperti penyidik). Ditanya anggota mana, dia jawab anggota Polsek Mariso, bagian apa, dia jawab lagi, penyidik Unit Lantas," jelas Bagas.

Namun, setelah diinterogasi lebih lanjut, kedok TT terbongkar. Dia ternyata hanya merupakan pegawai rumah makan di Makassar.

"Aslinya pegawai salah satu rumah makan di Makassar. Makanya diamankan anggota," ujar Bagas.

Polisi sendiri belum menentukan status TT secara hukum. Polisi menyebut belum ada yang dirugikan dari perbuatan TT.

"Kita sudah koordinasi polsek jajaran Polrestabes dan Pelabuhan, tapi sampai jam segini belum ada laporan (pidana terhadap TT)," kata Bagas.

"Dan kita cek ke handphone-nya, tidak ada yang mengarah tindak pidana penipuan ataupun tindak pidana lainnya yang mengatasnamakan dia polisi gadungan belum ada," katanya.

Namun, ketika belum ditemukan laporan pidana terhadap dirinya, TT akan dipulangkan polisi. "Ketika sampai batas waktunya 24 jam dan ternyata belum ada, kita pulangkan dengan surat pernyataan," jelasnya.

(hmw/nvl)