KBRI Manila Terima 4 WNI Sandera Kelompok Abu Sayyaf

Antara News - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 00:27 WIB
KBRI terima 4 WNI yang menjadi sandera kelompok teroris Abu Sayyaf (Dok Antara)
Foto: KBRI terima 4 WNI yang menjadi sandera kelompok teroris Abu Sayyaf (Dok Antara)
Manila -

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila menerima 4 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban sandera kelompok teroris Abu Sayyaf. Penyelamatan 4 WNI itu dibantu Kepolisian Nasional Filipina (PNP).

Dilansir Antara, penerimaan 4 WNI itu dilakukan di Camp Aquinaldo pada Selasa (23/3) sore. Keempatnya berjenis kelamin laki-laki yakni AK (30), AD (42), AR (26), dan KR (14).

Serah terima 4 WNI itu dihadiri oleh Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Letjen Cirilito Sobejana dan Letjen Guillermo Eleazar kepada Kuasa Usaha KBRI Manila Widya Rahmanto sebagai perwakilan dari Indonesia.

Letjen Sobejana mengatakan penyelamatan 4 WNI itu berkat kerjasama kepolisian setempat. Hal ini sebagai itikad baik kepolisian dan militer setempat dalam menanggulangi tindak terorisme.

Sementara itu Widya Rahmanto sangat berterima kasih kepada pemerintah Filipina. Penyelamatan tersebut merupakan buah kerjasama yang baik antara pemerintah Filipina dengan Indonesia.

Diketahui, keempat WNI itu diselamatkan usai terpencar ketika kapal kelompok Abu Sayyaf tenggelam karena gelombang laut. Kala itu kapal kelompok Abu Sayyaf tengah dikejar oleh aparat setempat.

AK, AD, dan AR diselamatkan oleh pasukan Filipina di South Ubian, Tawi-Tawi pada Kamis (18/3), sedangkan KR diselamatkan di Pulau Kalupag, Minggu (21/3).

Keempat WNI kini dalam keadaan sehat. Dengan penyelamatan tersebut, maka semua WNI yang disandera berhasil dibebaskan.

(isa/isa)