Bawa Anak-Istri Saat Jambret Lansia di Jakbar, Ini Alasan Pelaku

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 19:18 WIB
Tangkapan layar video viral lansia di Tamansari dijambret pemotor yang bawa anak kecil. Foto dari tangkapan layar video viral
Tangkapan layar video viral lansia di Tamansari dijambret pemotor yang bawa anak kecil. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

M Zainudin (36), pelaku jambret yang menyasar lansia di Tamansari, Jakarta Barat, diketahui membawa anak-istri saat beraksi. Rupanya Zainudin sengaja membawa anak-istri untuk melakukan kejahatan. Apa sebabnya?

"(Pelaku) sengaja bawa anak-istri biar tidak dicurigai kalau dia akan menjambret," ujar Kanit Reskrim Polsek Tamansari AKP Lalu Ali saat dihubungi detikcom, Selasa (23/3/2021).

Lalu mengatakan Zainudin ditangkap tim Buser Polsek Tamansari di Pasar Glodok, Jakarta Barat, pada Senin (22/3) pagi. Ia ditangkap ketika hendak melakukan aksinya lagi.

"Di Pasar Glodok (ditangkap) hari Senin pagi. Pas mau beraksi lagi (ditangkap)," katanya.

Menurut Lalu Ali, Zainudin memang mengincar kaum lansia.

"Dia incarannya orang-orang tua yang akan atau pulang dari pasar," ungkapnya.

Seperti diketahui, penjambretan terjadi di Jalan Harum Manis, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu (13/3) siang. Pelaku merampas tas korban hingga korban terjatuh dan terseret.

Saat itu pelaku melintas di lokasi melihat korban sedang jalan kaki. Melihat sasaran potensial, Zainudin kemudian balik arah dan mendekati korban, TSM (63).

Zainudin kemudian melambatkan laju motor saat mendekati korban. Tiba-tiba saja dia menjambret tas korban hingga korban terjatuh dan sedikit terseret.

Penjambretan ini terekam CCTV. Dalam rekaman CCTV itu, terlihat pelaku membawa anak dan perempuan yang diketahui adalah istrinya.

"Benar, itu istri dan anaknya," tutur Lalu Ali saat ditanya soal anak dan perempuan yang diboncengkan pelaku.

Tonton juga Video: Pejambret Kalung Emas di Makassar Dihadiahi Timah Panas

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)