Terima e-KTP dengan Identitas Baru, Aprilio Manganang: Seperti Lahir Kembali

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 11:54 WIB
Serda Aprilio Manganang dapat dokumen kependudukan baru
Serda Aprilio Manganang mendapat dokumen kependudukan baru (Foto: dok. Ditjen Dukcapil Kemendagri)
Jakarta -

Serda Aprilio Perkasa Manganang mendapat kartu tanda penduduk (KTP) elektronik baru sesuai identitasnya saat ini. Diakui Serda Aprilio Perkasa Manganang, hal itu membuat dirinya merasa sangat senang.

"Saya sangat bahagia sekali mendapatkan dokumen kependudukan yang baru," kata pria yang akrab disapa Lanang ini dikutip detikcom dari keterangan pers Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Kemendagri), Selasa (23/3/2021).

Seperti diketahui, Serda Lanang lahir dengan penyakit hipospadia sehingga sampai usia 28 tahun, dia menjalani kehidupan dengan identitas perempuan dengan nama Aprilia Santini Manganang, bahkan sebelumnya dikenal sebagai atlet voli putri nasional. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan istrinya Hetty Andika Perkasa membantu mengembalikan Serda Lanang sesuai kodratnya dengan corrective surgery di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Saya seperti terlahir kembali. Sebab, saya sudah menunggu ini selama 28 tahun," ujar prajurit TNI AD asal Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), ini.

Dokumen kependudukan baru Serda Lanang diserahkan langsung oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. Penyerahan dokumen kependudukan baru itu disaksikan oleh Jenderal Andika Perkasa dan istrinya di ruang kerja KSAD, Markas Besar TNI AD, Jakpus, pada Senin (22/3).

Dalam acara penyerahan dokumen kependudukan baru Serda Aprilio Perkasa Manganang, Zudan menjelaskan dirinya menerima pesan via WhatsApp dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar proaktif menyikapi putusan Pengadilan Negeri Tondano, Sulut, yang mengabulkan permohonan perubahan identitas Serda Aprilio Perkasa Manganang.

"Dalam kasus Aprilio Perkasa Manganang ini sudah ada penetapan pengadilan. Pak Mendagri Tito Karnavian kemudian memerintahkan Ditjen Dukcapil agar proaktif terhadap putusan tersebut. Kami segera menghubungi Dinas Dukcapil Kabupaten Minahasa daerah asal Aprilio. Dalam tempo sehari tiga dokumen selesai dibuat, yakni KTP-el, Kartu Keluarga, serta akta kelahiran terbaru atas nama Aprilio Perkasa Manganang. Dan diserahkan langsung atas nama Pak Mendagri Tito Karnavian kepada yang bersangkutan di hadapan Pak KSAD Jenderal Andika," terang Zudan.

Simak video 'Pantau Pelanggar di Jalanan, Polisi Bakal Pasang e-TLE Portabel':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2