PD soal Berkas Kubu KLB Tak Lengkap: Jika Lewati Tenggang Waktu Harus Ditolak!

Matius Alfons - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 16:23 WIB
Kepala Bakomstra PD Herzaky Mahendra Putra, di DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/3/2021).
Foto: Kepala Bakomstra PD Herzaky Mahendra Putra. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) menyebut keputusan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang meminta kubu KLB melengkapi berkas yang belum lengkap sudah tepat. PD berharap Yasonna bisa berlaku adil dan objektif terkait penyerahan berkas tersebut.

"Kemenkumham bagi kami sudah melakukan langkah yang tepat. Berkas mereka belum lengkap, ya diminta dilengkapi. Karena kita berbicara mengenai hukum, makanya dasarnya pun hukum," kata Kepala Barkomstra Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putera, dalam keterangannya, Senin (22/3/2021).

Herzaky menjelaskan Kemenkumham harus bersandar pada sejumlah aturan dalam memproses berkas kubu KLB. Menurut Herzaky, setidaknya ada tiga aturan hukum yang jadi dasar Kemenkumham memproses berkas kubu Moeldoko.

"Saat ada kelompok yang mau mengajukan perubahan AD/ART, atau pun susunan kepengurusan parpol, tentunya patokan Kemenkumham adalah UU Nomor 2 Tahun 2008 juncto UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, maupun Permenkumham Nomor 34 Tahun 2017. Sudah sangat jelas mekanisme dan aturannya," ucapnya.

Herzaky menuturkan berdasarkan aturan kubu KLB diberikan waktu selama 7 hari untuk melengkapi berkas. Jika melewati tenggat waktu, Herzaky menegaskan berkas kubu Moeldoko harus ditolak atau tidak diproses oleh Kemenkumham.

"Lalu, sejak diminta melengkapi berkas, ada batasan waktu 7 hari. Jika sampai dengan tenggat waktu berkasnya tidak dapat dilengkapi sesuai dengan aturan, berarti permohonannya ditolak. Tidak bakal diproses ke tahap selanjutnya oleh Kemenkumham. Jadi, kita tunggu saja. Kami yakin, Bapak Menkumham bakal memutuskannya dengan objektif dan adil," ujarnya.

Seperti diketahui, hasil KLB Demokrat sudah didaftarkan ke Kemenkumham. Namun Menkumham Yasonna Laoly menyebut berkas hasil KLB Demokrat kubu Moeldoko yang diserahkan ke Kemenkumham masih belum lengkap.

Yasonna menyebut Kemenkumham telah mengirim surat kepada pihak yang menggelar KLB Demokrat untuk melengkapi berkasnya. Dia memberi waktu selama tujuh hari semenjak surat tersebut dikirimkan.

Kubu KLB pun berjanji akan segera melengkapi dokumen yang dimaksud.

"Tentunya Partai Demokrat pimpinan Pak Moeldoko akan segera melengkapi dokumen dimaksud dan akan kami sampaikan ke Kemenkumham dalam waktu yang secepat-cepatnya," kata juru bicara Partai Demokrat kubu Moeldoko, Muhammad Rahmad, kepada wartawan, Minggu (21/3).

Simak Video: Mangkir Saat Sidang Gugatan Jhoni Allen, Ini Jawaban Kubu AHY

[Gambas:Video 20detik]



(maa/zak)