News of The Week

Pemberontakan Habib Rizieq di Persidangan Online hingga Bungkam

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 17:37 WIB
Jakarta -

Persidangan kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung diwarnai aksi 'pemberontakan' Habib Rizieq Shihab (HRS). Habib Rizieq berontak karena menolak menghadiri sidang secara virtual atau online.

Sidang kasus kerumunan Habib Rizieq disiarkan melalui YouTube Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jumat (19/3/2021). Habib Rizieq dijadwalkan menjalani sidang secara online dari Bareskrim Polri dengan agenda pembacaan dakwaan.

Drama pun terjadi. Sebelum dakwaan dibacakan, terjadi perdebatan antara Habib Rizieq dengan jaksa penuntut umum di lorong rumah tahanan (rutan) Bareskrim Polri.

"Kan saya tolak sidang online. Kok saya dipaksa begini?" ujar Rizieq.

Habib Rizieq bersikeras tidak mau menghadiri sidang secara online. Tapi dia membantah jika disebut tidak ingin menghadiri sidang.

"Bukan tidak menghadiri sidang. Saya hendak mengikuti sidang offline, hadir di ruang sidang. Sidang online saya tidak siap. Saya sudah sampaikan alasannya," ucap Rizieq di lorong rutan.

Ada beberapa alasan Habib Rizieq mengapa dia menolak menghadiri sidang online. Setidaknya ada tiga alasan, yakni khawatir disabotase, tidak lancar berkomunikasi dengan pengacara, dan merugikan dirinya sebagai terdakwa.

Di sela perdebatan, Habib Rizieq juga sempat menunjuk-nunjuk seseorang yang membawa kamera. Habib Rizieq merasa ditipu karena kejadian di lorong rutan juga direkam.

"Ini kan ditayangkan di ruang sidang, kan. Berarti Anda ingin menipu saya, di lorong rutan ini Anda ingin jadikan sebagai ruang sidang. Jangan dagelan, jangan sinetron kita," tegasnya.

"Matikan, saya nggak rela," sambung dia.

Singkat cerita, Habib Rizieq berhasil dihadirkan dalam persidangan online dari Bareskrim Polri. Namun, dalam persidangan Habib Rizieq mengeluarkan jurus bungkam.

Baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2