Ada Vaksinasi Lansia di Mall Ciputra Tangerang, Target 3.000 Sasaran

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 14:58 WIB
Vaksinasi Corona untuk Lansia di Ciputra Mall Tangerang
Foto: Angga Laraspati
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan tahapan pertama vaksinasi untuk lansia di wilayah Tangerang khususnya yang berada di wilayah barat. Kegiatan yang dilakukan di Mall Ciputra Tangerang sejak 16 Maret ini akan selesai pada 27 Maret mendatang dengan target 3.000 vaksinasi.

Bupati Kabupaten Tangerang Ahmad Zaki Iskandar yang datang langsung untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi mengatakan vaksinasi yang dilakukan di Mall Ciputra Tangerang ini sebagai langkah untuk mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memberikan 1 juta vaksin.

"Harus bersama-sama tidak bisa Pemda sendirian. Jadi keterlibatan pihak yang berkompeten swasta maupun rumah sakit swasta itu wajib. Kita bekerja sama dengan swasta juga sebelum hari ini sudah kita lakukan," kata Ahmad Zaki kepada detikcom di Mall Ciputra Tangerang, Minggu (21/3/2021).

Lebih lanjut, Zaki mengatakan pihaknya juga sudah siap untuk melakukan lebih banyak vaksinasi lagi bila nantinya dipercaya pemerintah menerima pasokan vaksin. Ia pun mengatakan Kabupaten Tangerang siap memberikan 15.000 vaksin per harinya bila nanti mendapatkan vaksin lebih banyak.

"Artinya mulai dari fasilitas kesehatan, rumah sakit umum dan swasta termasuk dengan sentra-sentra vaksin seperti yang ada di Mall Ciputra hari ini berikut juga dibantu dengan akademika yaitu universitas yang ada di Tangerang dengan bersamaan jumlah SDM vaksinator dan juga fasilitas sarana prasarana itu memungkinkan kita untuk melakukan 15.000 dalam satu hari. Jadi mudah-mudahanan apabila memang diberikan vaksin yang lebih besar, kabupaten Tangerang sudah siap," ujarnya.

Di sisi lain, Presiden Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengatakan vaksinasi di Mall Ciputra Tangerang adalah sebagai wujud kepedulian pihaknya dalam menyukseskan vaksinasi lansia, khususnya di Kabupaten Tangerang dalam melawan virus Corona.

"Kami berusaha menyiapkan segala sumber daya yang bisa kami berikan untuk menyukseskan program ini, sehingga ke depannya masyarakat Indonesia dapat terbebas dari COVID-19," ujar Budiarsa.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah mempercayakan Ciputra Group sebagai mitra dalam memberikan vaksinasi kali ini. Seperti yang diketahui, vaksinasi ini didukung oleh Ciputra Residence melalui Mall Ciputra Tangerang dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang.

"Kita menyambut baik sekali program dari pemerintah Kabupaten Tangerang ini. Karena ini kita bisa melihat kegunaannya dan masyarakat menerimanya juga baik sekali. Semua merasa butuh vaksinasi dilaksanakan. Kita berterima kasih ke bapak bupati atas program Pemkab Tangerang yang bekerja sama dengan kami untuk melakukan vaksinasi terhadap warga," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang dr. Ridwan T. Lembong mengatakan setidaknya 12 tenaga medis dikerahkan dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi yang dilakukan di Mall Ciputra Tangerang.

"Kami membuka 8 sampai 10 pos suntikan, untuk mempercepat antrean, target kami 250-500 orang per hari" ujar dr. Ridwan.

Pelaksanaan Vaksinasi ini juga tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Sejak awal masyarakat mendaftar sampai selesai vaksin, semua tahap mengurangi kontak langsung dan menghindari kerumunan.

dr. Ridwan mengatakan sejak awal pendaftaran vaksinasi dilakukan secara online, sehingga masyarakat dapat mendaftar dari rumahnya masing-masing. Ketika berada di lapangan, juga terdapat jarak fisik antar peserta sejak pendaftaran hingga vaksinasi selesai dilakukan.

"Setiap tempat duduk kami beri jarak 1,5 meter, pintu masuk dan di dalam area terdapat handrub, setiap petugas kami memakai APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, dan tentunya masyarakat yang hadir harus menggunakan masker dan selalu menjaga jarak," tutur dr. Ridwan.

Sebagai informasi, hingga saat ini vaksinasi yang dilakukan di Mall Ciputra Tangerang sejak 16 Maret kemarin sudah melakukan vaksinasi terhadap 1.000 lansia. Bagi yang masyarakat Kabupaten Tangerang juga masih bisa mendaftarkan dirinya lewat link www.cihos.com/vaksin-crt selama kuota masih tersedia.

Simak juga 'Vaksinasi di Istora Sudah Dibuka untuk Lansia Luar DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)