Danlanud Halim Pastikan Black Box Trigana Air yang Tergelincir Masih Utuh

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 14:51 WIB
Jakarta -

Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto memastikan kondisi kotak hitam atau black box pesawat Trigana Air PK-YSF aman. Black box tersebut akan dibawa oleh Komite Nasional Keselamatan Transprotasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab insiden tergelincir.

"Aman, black box aman karena pesawat tidak... masih utuh," kata Bambang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (21/3/2021).

Bambang menerangkan black box terletak di bagian ekor pesawat. Setelah dievakuasi, kedua bagian black box yaitu cockpit voice recorder (CVR) dan flight data recorder (FDR) akan diserahkan ke KNKT untuk investigasi lanjut.

"Betul (KNKT mau ambil black box). Saat ini belum diambil jadi masih kita pindahkan terutama di bagian ekor yang terdapat blackbox ya, kemudian voice recording yang ada di kokpit kita satukan di tempat aman. Sehingga nanti investigasinya mengarah kepada tempat kita menempatkan bahan tersebut," ucapnya.

Nantinya, KNKT akan menyelidiki penyebab pesawat cargo itu tergelincir dengan meninjau berbagai aspek.

"Semuanya akan diselidiki dari berbagai faktor. Jadi ada faktor manusia, ada faktor alam, dari pesawatnya sendiri, itu semua menjadi satu kesatuan yang akan diselidiki, diurai satu per satu," ujarnya.

Sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hari ini berencana mengambil kotak hitam atau black box untuk menyelidiki penyebab tergelincir pesawat kargo Trigana Air PK-YSF di landasan pacu atau runway Bandara Halim Perdanakusuma. Saat ini, pesawat masih belum dapat dievakuasi.

"Hari ini (rencananya black box diambil). Kemarin semuanya masih sibuk, jadi belum kita ambil masih kita titip di bandara, belum kita bawa," ujar Kepala Sub-Komite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT, Kapten Nurcahyo Utomo.

Nurcahyo mengatakan KNKT kemarin sudah datang ke lokasi untuk melihat secara langsung kondisi pesawat. Menurutnya, semua roda patah.

Proses evakuasi pesawat kargo Trigana Air PK-YSF yang tergelincir di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma terus berlangsung. Evakuasi dilakukan dengan cara memotong badan pesawat menjadi beberapa bagian.

(idn/idn)