Galakkan Program Penghijauan, PDIP Tanam 300 Pohon di Hutan GBK

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 11:30 WIB
Kegiatan menanam pohon PDIP di hutan kota kompleks GBK, Jakarta, Minggu (21/3/2021).
Kegiatan menanam pohon PDIP di hutan GBK. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini menggelar kegiatan menanam pohon di area hutan kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Ratusan pohon yang ditanam di area hutan GBK, untuk membantu penghijauan serta memperbaiki kualitas udara Jakarta.

Pantauan detikcom, sejumlah elite PDIP hadir dalam kegiatan menanam pohon di area hutan kota GBK, Minggu (21/3/2021). Ada dua elite PDIP yang terlihat, Yasonna Laoly, Tri Rismaharini (Risma), Pratikno, Ahmad Basarah, dan Utut Adianto.

Kegiatan menanam pohon PDIP di hutan GBK, Jakarta, Minggu (21/3/2021).Kegiatan menanam pohon PDIP di hutan GBK. (Karin/detikcom)

Dari 300 pohon yang ditanam, beberapa di antaranya pohon-pohon terancam punah, yaitu Baobab (Adansonia digitata). Yasonna, Risma, Pratikno, Basarah, dan Utut turut menanam pohon.

"Ada sekitar 300 pohon yang kita tanam hari ini," ujar Ketua DPP PDIP Yasonna Laoly di area lokasi penanaman pohon.

Yasonna mengatakan kegiatan penanaman pohon ini merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Megawati meminta para kader menjaga lingkungan dan menerapkan misi-misi penghijauan dalam kegiatan berpolitik.

"Ibu (Megawati) mengajarkan kita untuk mencintai kehidupan, mencintai lingkungan. Ini juga partai politik tidak hanya berpikir politik dalam artian kebangsaan, tetapi juga politik kehidupan, salah satunya penanaman pohon ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan," kata Yasonna.

Lebih jauh, Yasonna memaparkan sejumlah masalah di Jakarta. Ada dua yang disebut, masalah kualitas udara dan kurangnya daerah resapan.

"Problem kita, terutama di perkotaan-perkotaan, kita kekurangan oksigen. Orang-orang lebih banyak membangun gedung-gedung dan taman ini juga jadi daerah resapan (air dan udara) yang baik untuk kita. Ini penting," tutur Yasonna.

Selain yang tanaman yang terancam punah, ada tanaman lain, seperti bunga mawar yang ditanam. Kegiatan penanaman pohon ini akan dilakukan PDIP di seluruh Indonesia.

"Ya, ini di seluruh Indonesia kita lakukan," terang Risma.

Simak juga 'KKP Tanam Mangrove Seluas 168 Hektare di Banten':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/zak)