Golkar DKI Minta Matangkan Kajian Buka Sekolah: Jangan Konyol Tanpa Persiapan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 07:39 WIB
Basri Baco
Basri Baco (Foto: Dok. Istimewa)

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mempersiapkan pola pembukaan sekolah di massa pandemi COVID-19. Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria menyebut pihaknya akan mempersiapkan sekitar 100 sekolah menjadi pilot project sekolah tatap muka.

"Nanti kita lihat, bisa sampai 50 sekolah bahkan mungkin bisa lebih dari sekolah yang ada di Jakarta, bisa mungkin sampai 100. Kita lihat berapa, nanti konfigurasinya mewakili wilayah dari SD sampai SMA, bahkan tersebar di seluruh Jakarta percontohan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jumat malam (19/3/2021).

Sejauh ini, Riza menyampaikan wacana pembelajaran tatap muka masih dalam tahapan kajian secara menyeluruh. Nantinya, Pemprov DKI akan membatasi kapasitas keterisian sekolah hanya 50 persen serta memperhatikan penerapan protokol kesehatan COVID-19. Pihaknya akan menampung saran dari berbagai pihak terkait rencana ini.

"Kemudian tentu dengan syarat-syarat yang ketat, syarat-syarat yang sesuai protokol kesehatan. Batasnya ada nanti 50 persen, nanti dapat persetujuan dari semua pihak, dari kesehatan, epidemiolog, semua. Termasuk para orang tua sedang akan dicari, dipilih sekolah-sekolah mana yang akan dijadikan sebagai tempat-tempat dimungkinkan tatap muka dalam rangka percontohan piloting," ucapnya.


(lir/man)