Tergelincir di Halim Perdanakusuma, Roda-Sayap Pesawat Trigana Air Rusak

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 16:27 WIB
Jakarta -

Pesawat Trigana Air PK-YSF tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Akibatnya, roda dan sayap pesawat rusak.

"(Bagian yang rusak) ada roda dengan bagian sayap. (Roda dan sayap yang rusak) dua-duanya, kanan dan kiri," kata Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma Nandang Sukarna, saat dihubungi, Sabtu (20/3/2021).

Nandang mengungkapkan pesawat tergelincir akibat terkendala pada mesin pesawat. Hingga akhirnya pesawat Trigana Air itu masuk ke area rumput yang berada di luar landasan.

"Penyebabnya tadi gagal landing karena signal engine. Jadi satu engine mati, nomor dua, kemudian landing gagal, sudah, akhirnya dimasukkan ke runaway trip di rumput," ujarnya.

"Jadi kondisinya tidak di landasan pacu. Masih landing di landasan pacu, tapi terus kemudian diarahkan ke arah rumput supaya nanti tidak terjadi sesuatu," lanjutnya.

Nandang menuturkan percikan api juga sempat muncul saat pesawat tergelincir. Percikan api diakibatkan gesekan metal pada roda pesawat dengan aspal.

"Kalau percikan api ada karena gesekan dengan itu jadi karena nggak kebakar pesawatnya, pesawatnya utuh. Kebakarannya di bagian bawah bagian roda karena gesekan metal dengan aspal," tuturnya.

Pesawat Trigrana Air PK-YSF sebelumnya tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma. Kemenhub menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Pada hari ini Sabtu, 20 Maret 2021, siang telah terjadi pendaratan keluar runway yang dialami oleh pesawat kargo Trigana PK-YSF dengan rute Halim-Makassar," kata juru bicara Kemenhub Adita Irawati saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/3).

Adita mengatakan peristiwa ini terjadi pada pukul 11.26 WIB. Pesawat Trigrana Air PK-YSF keluar dari runway saat melakukan pendaratan di Bandara Halim Perdanakusuma.

(zap/zap)