Sidang Dakwaan Habib Rizieq

Jaksa: Rizieq Berpura-pura Tak Positif COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 20:19 WIB
Habib Rizieq Shihab
Foto: Tangkapan layar PN Jakarta Timur
Jakarta -

Jaksa mengatakan Habib Rizieq Shihab berpura-pura tidak positif COVID-19. Hal ini berdasarkan statement Habib Rizieq yang ditayangkan melalui video.

"Apa yang ditayangkan adalah menyiarkan suatu berita atau pemberitahuan yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat dengan berpura-pura terdakwa seolah-olah tidak dalam kondisi terinfeksi virus COVID-19 sebagaimana diagnosa dokter dari MER-C," ujar jaksa penuntut umum saat membacakan dakwaannya dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jumat (19/3/2021).

Jaksa menyebut tayangan video tersebut berjudul 'Testimoni IB HRS Untuk Pelayanan RS UMMI'. Video ini ditayangkan pada di channel YouTube RS Ummi Official pada 29 November 2020.

Dalam video, disebutkan Habib Rizieq akan pulang ke rumahnya setelah menjalani perawatan di RS Ummi. Jaksa mengatakan Habib Rizieq juga menyatakan bahwa dirinya tengah dalam keadaan baik dan sehat.

"Moh Rizieq bin Husein Syihab alias Habib Muhammad Rizieq Shihab tampil memberikan informasi dan keterangan berbunyi 'Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, alhamdulillah wa syukurillah wanikmarillah, saya saat ini ada di rumah sakit Ummi dan sebentar lagi insyaallah kita akan kembali ke rumah, alhamdulillah selama observasi general check up di RS Ummi pelayanan yang luar biasa dan saya ucapkan terima kasih kepada manajemen RS Ummi, kepada para dokter, kepada para suster dan kepada semua pegawai rumah sakit yang saya perhatikan selama ini bekerja menjaga dan menilai nilai agama dan juga kerja sama di antara masing-masing bagian itu sinergi luar biasa dan bukan cuma di situ, selalu memperhatikan keluhan apa pun dan kendala pasien dan dokternya di sini profesional, cerdas, serta tidak pelit informasi dan apa yang perlu diketahui oleh pasien semua diketahui, subhanallah dan saya berharap mudah-mudahan rumah sakit Ummi menjadi rumah sakit yang berkah dan berkahi oleh Allah SWT. Sekali lagi saya berterima kasih kepada seluruh manajemen RS Ummi yang berapa waktu lalu menerima permohonan saya untuk check up di rumah sakit ini dan pulang juga atas permintaan saya, karena memang kita rasa sudah segar sekali. Alhamdulillah hasil pemeriksaan semua baik dan mudah-mudahan tetap sehat walafiat," kata jaksa.

Selain itu, jaksa mengatakan terdapat video lain yang menampilkan Habib Rizieq dirawat di RS Ummi Kota Bogor tengah menerima tamu dari keluarga dan makan bersama. Dalam video tersebut terlihat menantu dari Habib Rizieq, Hanif Alatas, yang menyatakan Habib Rizieq dalam keadaan sehat.

"Dalam video tersebut terdapat pula kata-kata yang diucapkan oleh Hanif Alatas, 'Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, alhamdulillah keadaan al walid Habib Rizieq Shihab saat ini sehat walafiat memang lagi di RS Ummi untuk general check up saja, sekaligus istirahat karena kemarin kan kelelahan-keletihan tapi secara garis umum, secara garis besar sehat walafiat dan semua hasilnya bagus, insyaallah doakan semua hasilnya bagus," kata Jaksa.

Jaksa menuturkan, sebelumnya, hal senada disampaikan Direktur utama RS Ummi Andi Tatat. Jaksa mengatakan Andi memberikan keterangan bahwa pihaknya pihaknya telah melakukan pengecekan, berdasarkan hasil lab, rontgen kondisi Habib Rizieq dalam keadaan baik.

Jaksa menilai pernyataan Habib Rizieq, Hanif, dan Andi memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Hal ini disebabkan, berdasarkan hasil pemeriksaan tim MER-C, Habib Rizieq dinyatakan positif COVID-19.

"Terdakwa bersama Hanif Alatas dan dr Andi Tatat mengelabui dengan cara memberitakan keadaan yang tidak sebenarnya dan mereka nyatakan terdakwa dalam kondisi sehat walafiat," kata jaksa.

(dwia/dhn)