Pos Vaksinasi Gojek-Halodoc Diapresiasi Jokowi

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 17:33 WIB
Gojek-Jokowi
Foto: Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo meninjau langsung Pos Vaksinasi Drive-Thru di GOR Pajajaran Kota Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi pun mengapresiasi konsep drive-thru pos vaksinasi hasil kolaborasi Gojek dan Halodoc.

"Saya sudah melihat proses vaksin yang seperti tadi. Berjalan lancar, proses administrasi, pendaftaran, screening dan vaksinasinya. Model-model seperti ini diharapkan bisa dilakukan di kota-kota lain, provinsi lain sehingga dapat mempercepat proses program vaksinasi di Tanah Air," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/3/2021).

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto baru saja meresmikan pos vaksinasi Gojek-Halodoc di GOR Pajajaran. Dengan adanya pos vaksinasi ini, Bima berharap program vaksinasi di Indonesia dapat berjalan sukses dan lancar.

"Baru saja Presiden melihat langsung pelaksanaan pos vaksinasi dengan metode drive-thru. Keberadaan pos vaksinasi ini sesuai dengan arahan beliau yang meminta segenap elemen bangsa untuk terlibat aktif untuk menyukseskan program vaksinasi yang bertujuan menekan penyebaran COVID-19, seperti yang telah ditunjukkan oleh Halodoc dan Gojek pada hari ini," ungkapnya.

Sementara itu, Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menyebut kolaborasi ini merupakan kontribusi Gojek dalam mendukung program vaksinasi di Indonesia. Dalam memutus penyebaran COVID-19, Gojek juga melakukan edukasi dan implementasi protokol kesehatan.

"Kunjungan Presiden tidak kami maknai simbolis semata, melainkan sebagai bentuk kepercayaan dan motivasi beliau bahwa anak bangsa harus dan mampu berkontribusi nyata dalam mendukung percepatan vaksinasi COVID-19. Bukan hanya siap berkontribusi melalui teknologi dan infrastruktur, kami juga berkomitmen untuk terus melakukan edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di berbagai layanan Gojek dan seluruh bagian ekosistem kami. Dengan harapan masyarakat Indonesia dapat kembali hidup normal," katanya.

Kevin menambahkan ke depan pihaknya juga akan terus mendukung program vaksinasi COVID-19. Sejak awal Maret 2021, Gojek bersama Halodoc telah meresmikan tiga Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Kemayoran, Cengkareng, Bogor. Selanjutnya, Gojek dan Halodoc juga akan membuka pos lainnya di kota-kota lain di Indonesia.

"Dapat kami sampaikan bahwa Gojek sejak awal selalu mengambil langkah terdepan mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19, termasuk dukungan terhadap program vaksinasi yang saat ini tengah berjalan," imbuhnya,

Guna memastikan program vaksinasi lancar, Gojek juga menyediakan armada GoCar gratis di beberapa lokasi drive thru. Seiring dengan proses vaksinasi bagi mitra driver lansia, Gojek juga berkoordinasi dengan pemerintah untuk menjalankan program vaksinasi bagi mitra driver secara umum.

"Upaya yang Gojek jalankan bersama mitra-mitra strategis merupakan wujud gotong-royong elemen masyarakat dalam mendukung kesuksesan program vaksinasi pemerintah sebagai bagian dari langkah penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia," katanya.

"Walaupun program vaksinasi telah berlangsung, Gojek tetap menerapkan protokol ketat untuk Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan (J3K) di seluruh tempat kami beroperasi di Indonesia untuk memastikan keamanan dan kenyamanan layanan bagi para pelanggan dan mitra kami," pungkasnya.

Di sisi lain, CEO dan Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta juga menyampaikan upaya pihaknya dalam mempercepat vaksinasi nasional. Dalam hal ini, ia juga menggandeng Kementerian Kesehatan untuk memperluas pos vaksinasi di kota-kota lainnya.

"Pos vaksinasi drive-thru di Bogor ini merupakan lokasi ketiga setelah dua pos lainnya di Jakarta. Total, terdapat lebih dari 25.000 masyarakat yang telah terkonfirmasi untuk divaksin dengan 15.000 di antaranya telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama melalui fasilitas yang kami sediakan. Hal ini menjadi bukti komitmen berkelanjutan kami untuk selalu mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi COVID-19. Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk dapat memperluas jangkauan pos vaksinasi jangka panjang ini di berbagai kota di Indonesia agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses aman dan praktis untuk vaksinasi COVID-19," paparnya.

(akn/ega)